Bimbingan Agama Islam untuk meningkatkan konsep diri positif pada remaja: Penelitian terhadap Remaja Hikmat Jalan Pagarsih Gang H. Satibi No.69 Blok 80 RT 03 RW 06 Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung

Kusumawati, Ira (2021) Bimbingan Agama Islam untuk meningkatkan konsep diri positif pada remaja: Penelitian terhadap Remaja Hikmat Jalan Pagarsih Gang H. Satibi No.69 Blok 80 RT 03 RW 06 Kelurahan Jamika Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy

Abstract

Remaja ialah masa peralihan dari masa anak-anak, pada dasarnya remaja memiliki karakteristik yang cenderung labil, emosi yang mudah berubah, dan mudah terpengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Namun remaja yang bisa mengontrol tingkah lakunya dengan baik sesuai dengan norma-norma yang berlaku, dapat terhindar dari hal-hal yang negatif. Remaja membutuhkan konsep diri yang positif sebagai pondasinya agar tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif di sekitarnya, dan tetap menjadi remaja yang berperilaku baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program-program, proses, dan hasil dari pelaksanaan bimbingan agama Islam untuk meningkatkan konsep diri positif pada remaja. Penelitian ini bertolak dari teori bahwa bimbingan agama Islam pada remaja bertujuan agar remaja memiliki kepribadian yang Islami (Lena, 2019: 21). Dengan berbagai prinsip Islami yang kuat, karakter moral yang baik, remaja memiliki sarana dalam menghadapi tuntutan hidup dengan cara yang matang serta bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu untuk memberikan gambaran secara sistematis, aktual, faktual mengenai bimbingan agama Islam untuk meningkatkan konsep diri positif pada remaja Hikmat. Adapun teknik pengambilan data dilakukam dengan cara observasi langsung, wawancara dengan pihak-pihak yang bersangkutan seperti pembimbing dan remaja Hikmat, serta dengan menggunakan dokumentasi seperti data historik berupa tulisan, gambar, dan sebagainya yang dapat mendukung penelitian. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa setiap remaja Hikmat yang mengikuti kegiatan bimbingan agama Islam tersebut mendapatkan hasil yang beragam, namun mayoritas menunjukan pada hasil yang positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa bimbingan agama Islam yang dilaksanakan tersebut dapat membantu para remaja Hikmat dalam meningkatkan konsep diri positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama Islam; Konsep Diri Positif; Remaja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ira Kusumawati
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:42
Last Modified: 25 Feb 2022 03:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49013

Actions (login required)

View Item View Item