Penerapan Metode Syamil dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal Qur'an pada mata pelajaran Qur'an Hadits: Penelitian quasi eksperimen di MI Dayeuhmanggung dan MI Muhammadiyah Cikoneng Kelas V Tahun Pelajaran 2020/2021

Fitriani, Salma Inda (2020) Penerapan Metode Syamil dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal Qur'an pada mata pelajaran Qur'an Hadits: Penelitian quasi eksperimen di MI Dayeuhmanggung dan MI Muhammadiyah Cikoneng Kelas V Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan kemampuan menghafal al-Qur'an peserta didik pada mata pelajaran Qur'an Hadits di MI Dayeuhmanggung dan MI Muhammadiyah Cikoneng. Penggunaan metode konvensional dalam pembelajaran Qur'an Hadits nyatanya belum mampu dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan menghafal al-Qur'an. Maka, perlu adanya metode baru yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal al-Qur'an peserta didik, salah satunya yaitu dengan metode syamil. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1)penerapan metode syamil pada pembelajaran Qur'an Hadits di MI Dayeuhmanggung; 2)motivasi belajar peserta didik dengan metode syamil dan konvensional dalam mata pelajaran Qur'an Hadits; 3) kemampuan menghafal al-Qur'an peserta didik dengan metode syamil dan konvensional dalam mata pelajaran Qur'an Hadits; 4)perbedaan motivasi belajar dan kemampuan menghafal al-Qur'an peserta didik MI Dayeuhmanggung dan MI Muhammadiyah Cikoneng; 5)tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode syamil dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal al-Qur'an di MI Dayeuhmanggung. Penelitian ini berdasarkan asumsi bahwa metode syamil memiliki ciri utama fun learning dan terpadu atau dapat mengembangkan tiga kemampuan peserta didik, dengan begitu diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan menghafal al-Qur'an peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group (pretest dan Posttest). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MI Dayeuhmanggung dan MI Muhammadiyah Cikoneng sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1)penerapan metode syamil dilaksanakan sesuai dengan 11 langkah dan direalisasikan dalam kegiatan inti pembelajaran. 2)motivasi belajar peserta didik MI Dayeuhmanggung setelah menggunakan metode syamil memperoleh rata-rata 87%, dan termasuk kategori sangat tinggi. Sedangkan motivasi belajar peserta didik MI Muhammadiyah cikoneng setelah diterapkan metode konvensional, memperoleh rata-rata sebesar 59 % dan termasuk kategori cukup. 3)Kemampuan awal peserta didik kedua sekolah termasuk kategori kurang. Setelah penerapan metode syamil, peserta didik MI Dayeuhmanggung memperoleh rata-rata 84,62 dan termasuk kategori sangat baik. Sedangkan peserta didik MI Muhammadiyah Cikoneng, setelah diterapkan metode konvensional rata-ratanya 63,93 dan termasuk kategori cukup. 4) motivasi belajar peserta didik yang menggunakan metode syamil memperoleh rata-rata lebih tinggi dari peserta didik yang menggunakan metode konvensional. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa kemampuan menghafal al-Qur'an peserta didik MI Dayeuhmanggung sebesar 0,73 atau mengalami peningkatan yang tinggi. Sedangkan N-Gain peserta didik MI Muhammadiyah Cikoneng sebesar 0,29 atau mengalami peningkatan yang rendah. 5) Tanggapan peserta didik MI Dayeuhmanggung terhadap penerapan metode syamil memperoleh rata-rata angket sebesar 91 % atau memiliki tanggapan yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Syamil; Motivasi Belajar; Kemampuan Menghafal
Subjects: Islam
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salma Inda Fitriani
Date Deposited: 14 Feb 2022 01:33
Last Modified: 14 Feb 2022 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48989

Actions (login required)

View Item View Item