Pesan dakwah di media sosial Tiktok: Analisis isi pesan dakwah pada akun tiktok @basyasman00 periode mei 2020

Afghany, Ilham Maulana (2021) Pesan dakwah di media sosial Tiktok: Analisis isi pesan dakwah pada akun tiktok @basyasman00 periode mei 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi membuat era digitalisasi berkembang begitu pesat dan dinamis. Dan seiring berkembangnya teknologi membuat bermunculannya media sosial baru seperti media sosial Tiktok yang sekarang sangat di gandrungi oleh masyarakat indonesia terutama remaja. Dengan munculnya media sosial baru seorang dai diharuskan untuk bisa memanfaatkan perkembangan zaman yang lebih inovatif dan kreatif dalam menyampaikan dakwahnya. Dari banyaknya akun Tiktok yang bermunculan sebagai Selebriti Tiktok ada salah satu akun Tiktok bernama @basyasman00 yang sering menyampaikan pesan dakwah yang begitu menarik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pesan dakwah dalam konten akun @basyasman yaitu dengan melihat kategorisasi pesan dakwah, bentuk pesan dakwah dan himbauan pesan dakwah yang ada dalam konten Tiktoknya. Peneliti memakai teori CMC yang diperkenalkan oleh Marshall McLuhan mengenai bentuk komunikasi antar individu, individu antar kelompok, kelompok antar kelompok melalui sebuah jaringan computer. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis isi kulitatif, yaitu dengan melakukan penyusunan data yang berkaitan dengan kategorisasi pesan dakwah, bentuk pesan dakwah dan himbauan pesan dakwah dengan rumus Holsty Kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu 20 konten pesan dakwah yang terdapat pada periode bulan Mei 2020. Kategori pesan dakwah terbagi menjdi 3 aspek yaitu aspek kognitif dengan 3 pesan dakwah, aspek afektif dengan 8 pesan dakwah dan aspek psikomotorik dengan 9 pesan dakwah. Dan bentuk pesan dakwah terbagi menjadi 3 bentu yaitu pesan akidah dengan 4 pesan dakwah, pesan akhlak dengan 6 pesan dakwah dan pesan ibadah dengan 10 pesan dakwah. Dan himbauan pesan dakwah terbagi menjadi 3 himbauan yaitu, himbauann rasional dengan 7 pesan dakwah , himbauan emosional dengan 6 pesan dakwah dan himbauan motivasional dengan 7 pesan dakwah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pesan Dakwah; Media Sosial
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ilham Maulana Afghany
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:08
Last Modified: 11 Feb 2022 03:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48963

Actions (login required)

View Item View Item