Pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap minat menabung di bank syariah pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Auliyah, Zakiatul Fitriani (2021) Pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap minat menabung di bank syariah pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Semenjak kemunculannya di Indonesia, bank syariah terus berkembang sebagai lembaga penyedia jasa dan intermediasi keuangan. Salah satu produknya yang paling banyak diminati adalah produk tabungan. Dengan begitu, minat menabung di bank syariah ini perlu diketahui apa saja faktor yang memengaruhinya untuk memaksimalkan potensi yang ada. Dengan berdasar pada beberapa penelitian terdahulu, minat menabung di bank syariah ini diantaranya dipengaruhi oleh variabel religiusitas dan variabel pengetahuan. Dilakukannya penelitian ini bertujuan agar dapat diketahui bagaimana minat menabung di bank syariah dipengaruhi religiusitas dan pengetahuan baik secara parsial juga simultan dengan objek penelitian adalah mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode penelitian kuantitatif menjadi metode yang digunakan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner pada responden sebanyak 100 mahasiswa yang berasal dari sembilan fakultas di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Analisis statistik yang digunakan antara lain uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, uji regresi linier, dan juga uji hipotesis.Temuan yang didapat melalui penelitian ini menunjukkan minat menabung di bank syariah pada mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang menjadi responden dalam penelitian ini dipengaruhi oleh variabel religiusitas dan pengetahuan secara parsial juga simultan. Kesimpulanpenelitian ini menghasilkan bahwa religiusitas dan pengetahuan berpengaruh signifikan dan positif pada minat menabung di bank syariah baik secara parsial juga simultan. Secara parsial, pada pengujian pengaruh variabel religiusitas terhadap minat menabung menghasilkan bahwa variabel religiusitas berpengaruh signifikan dan positif, karena diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 2,715 > 1,98472 dengan tingkat signifikansi 0,008 < 0,05. Dengan begitu Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. Pada pengujian variabel pengetahuan pada minat menabung di bank syariah secara parsial menghasilkan bahwa variabel pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan, karena diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 6,130 > 1,98472 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan begitu Ha2 diterima dan Ho2 ditolak. Pada pengujian secara simultan pengaruh religiusitas dan pengetahuan terhadap minat menabung di bank syariah juga menunjukkan bahwa religiusitas dan pengetahuan berpengaruh signifikan dan positif secara simultan, karena diperoleh f hitung > f tabel yaitu 29,667 > 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Oleh karena itulah Ha3 diterima dan Ho3 ditolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: religiusitas; pengetahuan; minat menabung
Subjects: Econmics
Financial Economics, Finance
Public Finance
Administration of Economy
Commerce, Trade
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Zakiatul Fitriani Auliyah
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:27
Last Modified: 11 Feb 2022 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48945

Actions (login required)

View Item View Item