Gaya retorika ustadz youtuber : Studi deskriptif tentang khitabah ustadz Tengku Hanan Attaki di Channel Youtube Hanan Attaki

Muttaqin, Afrizal Fauzan (2021) Gaya retorika ustadz youtuber : Studi deskriptif tentang khitabah ustadz Tengku Hanan Attaki di Channel Youtube Hanan Attaki. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSRTAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (5_BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah memiliki makna seruan, panggilan, doa, serta secara bahasa, dakwah ini artinya memanggil, menyeru, menegaskan dan membela sesuatu, perbuatan dan juga perkataan untuk menarik manusia kepada sesuatu, memohon dan juga meminta. Dakwah ini berarti mengajak atau menyeru kepada kebaikan, memadukan dakwah dengan retorika sangat penting karena dengan hal tersebut akan mudah menarik hati mad’unya atau objek dakwahnya. Ustadz Tengku Hanan Attaki adalah salah satu dai muda yang memiliki pengaruh yang besar terhadap anak-anak muda, karena segmentasi dakwah beliau adalah anak muda sehingga banyak yang tertarik kepada dakwah beliau. Hal tersebutlah yang menjadi landasan bagi saya untuk melakukan penelitian terhadap Retorika Ustadz Tengku Hanan Attaki di channel YouTubenya yaitu Hanan Attaki. Penelitian ini difokuskan pada retorika dakwah Ustadz Tengku Hanan Attaki untuk menjawab permasalah tentang bagaimana cara pemilihan kata, penggunaan gaya bahasa serta karakter pembeda dari Ustadz Tengku Hanan Attaki dalam khitabahnya. Dalam penelitian ini dalam mendapatkan hasil yang objektif, maka peneliti melakukan pendekatan atau metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data berupa deskriptif dari beberapa video ceramah yang diamati. Memakai metode penelitian kualitatif ini data yang dihimpun berupa kalimat atau kata-kata dan bukan angka. Data yang di dapatkan dari hasil observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu : 1) Pemilihan kata yang dipakai oleh Ustadz Tengku Hanan Attaki menyesuaikan dengan jamaahnya yaitu anak-anak muda agar mudah dipahami. 2) Gaya bahasa yang digunakannya berupa majas retorik, majas hiperbola serta gaya bahasa populer dikalangan anak-anak muda. 3) Karakter pembeda dari gaya khitabah Ustadz Tengku Hanan Attaki itu beliau suka menggunakan cara story telling, bahasa/kata populer, asing yang biasa digunakan oleh anak-anak muda dikesehariannya. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Ustadz Tengku Hanan Attaki menggunakan pemilihan kata dan gaya bahasa dalam khitabahnya untuk menyesuaikan terhadap jamaahnya agar mudah untuk dipahami serta memiliki karakter pembeda terhadap ustadz-ustadz yang lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Retorika; Gaya Bahasa; Youtuber
Subjects: Islam > Da'wah
Rhetoricand Collections of Literary > Rhetoric of Speech
Religious Leaders Biography > Islam Religious Leaders Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Afrizal Fauzan Muttaqin
Date Deposited: 11 Feb 2022 06:47
Last Modified: 11 Feb 2022 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48924

Actions (login required)

View Item View Item