Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran PAI untuk penguatan karater dan budaya literasi peserta didik : Penelitian di kelas VIII SMPN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur

Widaniati, Elis Rahayu (2021) Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran PAI untuk penguatan karater dan budaya literasi peserta didik : Penelitian di kelas VIII SMPN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (423kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Memiliki karakter serta budaya literasi peserta didik yang baik tidak mudah diwujudkan. Menciptakan keduanya memerlukan faktor pendukung. Di antara faktor yang mendukung yang dapat dilakukan guru, dengan menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik. Realita di SMPN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur, dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru menggunakan pendekatan saintifik. Harapan besarnya karakter peserta didik semakin kuat dan budaya literasi semakin baik, akan tetapi kenyataan karakter dan budaya literasi peserta didik masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur; 2) penguatan karakter di SMPN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur; 3) budaya literasi di SMPN 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur; 4) Pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap penguatan karakter; 5) Pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap budaya literasi. Pendekatan saintifik yang baik dalam dalam pembelajaran PAI, diharapkan memiliki dampak pada penguatan pendidikan karakter dan budaya literasi peserta didik yang lebih baik. Penguatan pendidikan karakter dan budaya literasi peserta didik membutuhkan kegiatan yang mendukung, diantaranya pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI. Maka hipotesisnya yaitu pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI berdampak positif serta signifikan terhadap penguatan karakter dan budaya literasi peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Hal ini karena penelitian mendeskripsikan pengaruh 1 (satu) variabel bebas (independent variabel) yaitu pendekatan saintifik dalam pembelajarn PAI dengan notasi (X1) terhadap 2 (dua) variabel terikat (dependent variabel) yaitu penguatan karakter dengan notasi (Y1) dan budaya literasi peserta didik dengan notasi (Y2). Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap penguatan karakter diperoleh korelasi yang cukup kuat dengan nilai 0,432 dan Rsquare 0.186. nilai korelasi 0,432 berada pada rentang 0,40 - 0,599 dengan kualifikasi cukup kuat.Adapun pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI terhadap budaya literasi peserta didik diperoleh korelasi yang cukup kuat dengan nilai 0,503 dan Rsquare 0.186. nilai korelasi 0,432 berada pada rentang 0,40 - 0,599 dengan kualifikasi cukup kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; PAI; karakter siswa; budaya literasi
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:55
Last Modified: 10 Feb 2022 04:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48902

Actions (login required)

View Item View Item