Muhasabah sebagai metode dalam memotivasi penghafal Al-Quran : Studi deskriptif kualitatif di Pondok Tahfidz Saba Gianyar Bali

Nabila, Aini Muhasabah sebagai metode dalam memotivasi penghafal Al-Quran : Studi deskriptif kualitatif di Pondok Tahfidz Saba Gianyar Bali. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, Vol. 2. ISSN 2774-8340 (Submitted)

[img]
Preview
Text
Aini Nabila_Diterima JPIU.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Aini Nabila_Artikel Jurnal PDF.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan kegiatan yang memerlukan motivasi yang kuat. Dalam menghafal Al-Qur’an, motivasi yang dimiliki bisa saja meningkat atau menurun. Salah satu cara yang dapat membangkitkan kembali motivasi para penghafal Al-Qur’an adalah dengan metode Muhasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode Muhasabah dalam memotivasi penghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara yang dilakukan kepada para santri di Pondok Tahfidz Saba Gianyar Bali. Berdasarkan proses penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa dalam menghafal Al-Qur’an sering ditemukan kendala maupun kesulitan yang membuat motivasi penghafal Al-Qur’an menjadi menurun. Oleh karenanya dilakukan metode muhasabah untuk meningkatkan kembali motivasi para penghafal Al-Qur’an. Kesimpulan penelitian ini adalah metode Muhasabah dapat menjadi cara dalam memotivasi penghafal Al-Qur’an karena dengan melakukan muhasabah mereka menjadi sadar bahwa harus menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur’an; Motivasi; Muhasabah.
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Aini Nabila
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:43
Last Modified: 09 Feb 2022 04:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48863

Actions (login required)

View Item View Item