Hubungan antara keterampilan sosial dengan prestasi akademik pada pembelajaran matematika anak usia sekolah dasar (SD)

Nurmariam, Popy Safira (2021) Hubungan antara keterampilan sosial dengan prestasi akademik pada pembelajaran matematika anak usia sekolah dasar (SD). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (623kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Masa anak-anak merupakan masa usia kritis dalam tahapan perkembangan manusia baik perkembangan motorik, kognitif, spiritual, bahasa maupun sosial emosional. Sejak usia sekolah dasar, anak harus dibiasakan untuk mengenal lingkungan sosial, guna menumbuhkan rasa sosial dalam diri agar anak mampu mengenal baik lingkungannya. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Mulyasari dengan partisipan 100 siswa berusia 9-11 tahun dan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan sosial dengan prestasi akademik pada pembelajaran matematika anak usia Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner. Analisis data menggunakan Analisis Korelasi Rank Spearman serta diperoleh nilai signifikansi 0.000 kurang dari 0.05 atau Pvalue < alpha 0.05 yang menyatakan bahwa keterampilan sosial dan pembelajaran matematika memiliki hubungan yang signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0.375 atau Rsquare sebesar 14,0625% yang memiliki arti bahwa keterampilan sosial memiliki hubungan dengan pembelajaran matematika sebesar 14,0625%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial; Korelasi rank spearman; Prestasi akademik;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Popy Safira Nurmariam
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:58
Last Modified: 08 Feb 2022 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48826

Actions (login required)

View Item View Item