Strategi pembinaan Khitobah Syarhil Quran: Studi deskriptif tentang model pembinaan Khitobah Syarhil Quran pada UKM UPTQ UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Nurfitroh, Yanti (2021) Strategi pembinaan Khitobah Syarhil Quran: Studi deskriptif tentang model pembinaan Khitobah Syarhil Quran pada UKM UPTQ UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembinaan Syarhil Quran di UKM UPTQ UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam membangun kompetensi Khitobah untuk melahirkan pensyarah yang berkualitas. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembinaan Syarhil Quran yang dilakukan di bidang Syarhil Quran UKM UPTQ UIN Sunan Gunung Djati Bandung berdasarkan retorika Syarhil Quran. Strategi dilakukan berdasarkan tahap persiapan, tahap penyusunan, dan tahap penyampaian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui model pembinaan khitobah Syarhil Quran melalui tujuan dan pola pembinaan, tahap persiapan pembinaan, penyusunan pesan, dan tahap penyampaian Syarhil Quran. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori retorika modern dari Jalaludin Rakhmat, kajian lebih difokuskan pada sistem pembinaan yang diterapkan dalam pembinaan Syarhil Quran di UPTQ UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Teori ini berguna sebagai pisau analisis untuk membedah penelitian ini guna mengungkapkan strategi pembinaan khitobah Syarhil Quran. Hasil penelitian ini adalah strategi pembinaan Syarhil Quran yang pengkontruksian pesannya melalui retorika. Tujuan pembinaan Syarhil Quran sama dengan tujuan dibentuknya organisasi UPTQ. Pola pembinaan dengan melakukan pertemuan di setiap malam minggu dengan menggunakan media virtual.Tahap persiapan Syarhil Quran terdiri dari topik, tujuan dan pengembangan bahasan. Tahap penyusunan pesan dengan menentukan garis besar dan memilih kata-kata. Tahap penyampaian dengan membangun kepercayaan diri dan memperhatikan prinsip-prinsip penyampaian terdiri dari kontak, olah vokal dan olah visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembinaan; Khitobah; Syarhil Quran; Retorika
Subjects: Islam > Da'wah
General Management > Planning and Strategic Management
Rhetoricand Collections of Literary
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yanti Nurfitroh
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:03
Last Modified: 16 Feb 2022 07:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48809

Actions (login required)

View Item View Item