Pengaruh dosis ekstrak Silika Sekam Padi dalam mempertahankan pertumbuhan dan hasil Padi varietas Ciherang (Oryza sativa L. cv. Ciherang) yang diinfeksi penyakit Blas (Pyricularia Grisea)

Dewi, Wina Permata (2022) Pengaruh dosis ekstrak Silika Sekam Padi dalam mempertahankan pertumbuhan dan hasil Padi varietas Ciherang (Oryza sativa L. cv. Ciherang) yang diinfeksi penyakit Blas (Pyricularia Grisea). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy

Abstract

Padi (Oryza sativa. L) adalah salah satu komoditas pangan utama masyarakat Indonesia sehingga kebutuhan beras dari tahun ke tahun semakin meningkat, akan tetapi produksi padi tidak sebanding dengan kebutuhan nasional. Salah satu masalah dalam peningkatan produksi padi adalah adanya serangan penyakit blas yang disebabkan oleh Pyricularia grisea. Penambahan pupuk silika merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi padi serta menekan serangan penyakit pada tanaman karena unsur silika dapat memberikan pengaruh yang menguntungkan bagi tanaman padi, selain itu silika juga dapat berperan dalam menurunkan tingkat serangan hama dan penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak silika sekam padi serta mendapatkan dosis yang efektif untuk mempertahankan pertumbuhan dan hasil padi varietas ciherang (Oriza sativa L. cv. Ciherang) yang diinfeksi penyakit blas (Pyricularia grisea). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai September 2021 di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan greenhouse Kebun Percobaan Ciparanje Universitas Padjajaran, Jatinangor, Sumedang. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 8 perlakuan yang diulang sebanyak lima kali. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh ekstrak silika sekam padi berdasarkan parameter tinggi tanaman, jumlah anakan, jumlah malai, bobot gabah perumpun dan bobot 1000 butir serta intensitas serangan penyakit. Dosis ekstrak silika sekam padi 2 ml tanaman-1 merupakan dosis rekomendasi untuk mempertahankan pertumbuhan dan hasil tanaman padi varietas ciherang (Oriza sativa L. cv. Ciherang) yang diinfeksi penyakit blas (Pyricularia grisea).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dosis; Ekstrak Silika; Padi; Penyakit Blas; Sekam Padi
Subjects: Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Wina Permata Dewi
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:38
Last Modified: 24 Mar 2022 04:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48788

Actions (login required)

View Item View Item