Manajemen program asesmen nasional di madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bandung

Bukhori, Iqbal (2021) Manajemen program asesmen nasional di madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pelaksanaan Asesmen Nasional sebagai program evaluasi yang diberlakukan pemerintah dalam mengganti program sebelumnya yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen persiapan program Asesmen Nasional dalam lingkup Madrasah khususnya Madrasah Tsanawiyah. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Madrasah Tsnawiyah Negeri 2 kota Bandung. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga cara, yaitu unisitasi data, kategorisasi data, dan penafsiran data. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Asesmen Nasional di madrasah diantaranya adalah Asesmen Kompetensi Minimum yang memuat tes literasi dan numerasi, Survei karakter dan survei lingkungan belajar. Tes literasi mengukur kemampuan bernalar dan penggunaan bahasa, tes numerasi mengukur kemampuan dalam menggunakan pemahaman perhitungan matematis, Survei Karakter mengukur tentang sikap, nilai, dan kebiasaan yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila. dan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas pembelajaran, iklim keamanan dan inklusivitas sekolah, refleksi guru, perbaikan praktik pengajaran, dan latar belakang keluarga murid. Kesiapan pendidik dalam mengikuti Asesmen Nasional di MTs Negeri 2 Kota Bandung berlangsung dengan baik berdasarkan hasil temuan dalam penelitian bahwa pendidik mengupayakan secara maksimal penyelengaraan Asesmen Nasional di MTs Negeri 2 Kota Bandung seperti pemberian sosialisasi program Asesmen Nasional terhadap peserta didik dan orang tuanya, pemberian pembelajaran esktra dalam mengenalkan soal Asesmen Kompetensi minimum (AKM) bagi para peserta didik yang terpilih dalam program Asesmen Nasional, dan optimalisasi failitas ruang penyelengaraaan Asesmen Nasional yang memadai. Kesiapan Peserta didik dalam mengikuti Asesmen Nasional di MTs Negeri 2 Kota Bandung dengan baik berdasarkan hasil temuan dalam penelitian peserta didik senantiasa menerima informasi mengenai sosilisasi Asesmen Nasional yang diberikan oleh MTs Negeri 2 Kota Bandung selain itu pemberian bimbingan belajar berkenaan dengan tes Asesmen Kompetensi Minimum memberikan kesiapan lebih kepada peserta didik dalam mengikuti Asesmen Nasional, fasilitas yang memadai menjadi nilai lebih yang membantu peserta didik lebih tertata secara tertib. Faktor penghambat persiapan Asesmen Nasional dan solusinya di MTs Negeri 2 Kota Bandung dari segi internal diantaranya adalah penyelengaraan pembelajaran daring memberikan keterbatasan dalam bimbingan pembelajaran ekstra untuk membahas soal Asesmen komptesnsi minimum dalam Asesmen Nasional selain itu secara eksternal faktor penghambat persiapan Asesmen Nasional dan solusinya di MTs Negeri 2 Kota Bandung adalah sosialisasi Asesesmen Nasional yang terbatas karena diselengaran secara virtual dan penundaan simulasi yang pernah terjadi dan dalam penyelengaraan simulasi terbatas Asesmen Nasional masih ditemukan troubleshoot seperti masalah jaringan server atau keterlambatan perilisan token yang berimbas kepada penyelengaraan yang terlambatat dari jadwal yang semestinya. Sedangkan pada saat penyelengaraan gladi bersih Asesmen Nasional yang dihadiri oleh peserta didik yang terdaftar serta terpilih dalam Asesmen Nasional juga mengalami permasalahan serupa berupa masalah server jaringan pada beberepa komputer sehingga harus melakukan reload dalam pengerjaan kegiatan Asesmen Nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Nasional
Subjects: Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Iqbal Bukhori
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:51
Last Modified: 08 Feb 2022 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48756

Actions (login required)

View Item View Item