Kesejahteraan sosial pada masyarakat pedesaan dimasa pandemi covid 19 : Studi pada masyarakat Desa Sindangsari Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi

Agustin, Silvi (2021) Kesejahteraan sosial pada masyarakat pedesaan dimasa pandemi covid 19 : Studi pada masyarakat Desa Sindangsari Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan ketika pemerintah mengumumkan adanya virus yang mematikan yaitu virus corona 19 semua aktivitas terhenti karena kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah yang mengharuskan seluruh masyarakat untuk melakukan semua kegiatan dari rumah. Atas kebijakan tersebut, tidak terciptanya kesejahteraan sosial di lingkungan masyarakat Sindangsari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kesejahteraan Sosial masyarakat Desa Sindangsari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi sebelum masa pandemi covid 19 & di masa pandemi covid 19. (2) Proses tindakan masyarakat Desa Sindangsari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi dimasa pandemi covid19. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat kesejahteraan sosial masyarakat Desa Sindangsari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi sebelum dan masa pandemi covid 19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Tindakan Sosial Max Weber, dimana teori ini digunakan untuk melihat tindakan yang dilakukan oleh individu yang berkaitan dengan pertimbangan atas situasi, interaksi, yang dimiliki oleh individu lainnya pada masa pandemi covid 19 ini. Metode dan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan jumlah informan yaitu 13 informan. Teknik pengumpulan data yang Peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang Peneliti gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Tempat penelitian adalah di Desa Sindangsari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu (1) kesejahteran sosial sebelum pandemi semua aktivitas masyarakat tidak dibatasi oleh peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah disini terbentuk kesejahteraan sosialnya. Sedangkan kesejahteraan sosial saat pandemi covid 19 ini terpenuhnya kebutuhan hidup namun tidak terdapat kemaksimalan dalam pemenuhan. (2) proses tindakan masyarakat dimasa pandemi pada mayarakat Desa Sindangsari ada yang langsung menerima dan ada yang perlu beradaptasi. (3) faktor pendukung kesejahteraan sosial sebelum pandemi pada masyarakat Sindangsari yaitu tidak adanya batasan yang ketat, sedangkan faktor pendukung kesejahteraan sosial saat pandemi yaitu bantuan sosial pemerintah, sedangkan faktor Penghambat yaitu peraturan yang mengharuskan untuk tetap di rumah saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial; Masa Pandemi Covid 19; dan Masyarakat Pedesaan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Process
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Silvi Agustin
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:47
Last Modified: 07 Feb 2022 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48744

Actions (login required)

View Item View Item