Hubungan Adversity Quotient dengan stres akademik pada remaja siswa MTs

Fauni, Bisyarah (2021) Hubungan Adversity Quotient dengan stres akademik pada remaja siswa MTs. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy

Abstract

Pada siswa MTs yang juga tinggal di pondok, menjalani kehidupan di sekolah diisi dengan rangkaian kegiatan yang padat, butuh kedisiplinan yang tinggi, serta tuntutan pelaksanaan nilai-nilai agama. Kegiatan tersebut menjadi tantangan yang harus di hadapi siswa. Berbagai kesulitan akademik sampai penyesuaian dengan lingkungan dialami siswa. Keberhasilan juga kegagalan siswa dalam pendidikan terutama mengatasi stres akademik, dapat ditentukan dari sejauh mana adversity quotient pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dengan stres akademik pada remaja siswa MTs. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan analisis korelasi pearson. Subjek penelitian ini berjumlah 290 siswa, dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dengan skala adversity quotient dan stres akademik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang negatif antara adversity quotient dengan stres akademik pada remaja siswa. Semakin tinggi adversity quotient pada remaja siswa MTs, maka semakin rendah stres akademik. Begitu pula sebaliknya semakin rendah adversity quotient pada remaja siswa MTs, maka semakin tinggi stres akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: adversity quotient;stres akademik;remaja siswa MTs
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Bisyarah Fauni
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:24
Last Modified: 07 Feb 2022 07:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48742

Actions (login required)

View Item View Item