Pemberdayaan masyarakat melalui program unggulan sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran Purwakarta : Studi deskriptif Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran Purwakarta

Ramadhan, Shyfa Savana Widiaka (2021) Pemberdayaan masyarakat melalui program unggulan sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran Purwakarta : Studi deskriptif Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan sebagai wadah implementasi dari pemberdayaan masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik melalui pengetahuan. Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran Purwakarta merupakan sekolah negeri yang memiliki konsep sekolah berbasis kebudayaan dan ekologi. Dari konsep kebudayaan dan ekologi tersebut, Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran Purwakarta memiliki tujuan untuk mewujudkan sekolah ekologi yang berkarakter, unggul dan berkearifan lokal melalui program kegiatan yang dilaksanakan dengan basis kebudayaan Sunda dan ekologi sehingga dapat memberdayakan peserta didik dalam membentuk karakter yang sesuai dengan visi dan misi sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terkait pemberdayaan yang dilaksanakan di Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran Purwakarta terhadap peserta didik dengan berfokus pada proses pemberdayaan enabling, empowering, protecting dan faktor-faktor yang menunjang maupun faktor yang menghambat pemberdayaan yang ada di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan Teori Pemberdayaan yang dikemukakan oleh Jim Ife. Teori ini membahas mengenai strategi pemberdayaan, salah satu diantaranya mengenai pemberdayaan pendidikan dan peningkatan kesadaran. Kemudian dilanjutkan pada tahap penguatan pemberdayaan dengan proses enabling, empowering, dan protecting. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang dipakai yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diambil melalui narasumber terpilih dan sumber data sekunder diambil dalam bentuk dokumen, foto, dan arsip mengenai sekolah tersebut. Adapun teknik pengumpulan datanya dalam penelitian ini diambil dan dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, buku dan jurnal. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan Sekolah Ekologi Kahuripan Pajajaran Purwakarta melalui program unggulan yaitu Program 7 Poe Atikan Purwakarta Istimewa, Program Tatanen di Bale Atikan (TDBA), Program Kelompok Wanita Tani (KWT), dan Ekstrakurikuler. Dengan adanya program tersebut, maka pelaksanaan pemberdayaan di sekolah tersebut berjalan dengan baik dalam mencapai indikator-indikator yang terkait peningkatan keterampilan, pembentukan karakter, menumbuhkan sikap mandiri dan percaya diri, dan meningkatkan sikap peduli terhadap lingkungan yang dikemas melalui proses enabling, empowering dan protecting. Meskipun masih ada beberapa faktor penghambat, namun masih dapat terkendali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat;
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education
Ecology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Shyfa Savana Widiaka Ramadhan
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:35
Last Modified: 07 Feb 2022 03:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48740

Actions (login required)

View Item View Item