Pengaruh kdnsep diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap optimisme : Studi pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi

Abdissalam, Via (2021) Pengaruh kdnsep diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap optimisme : Studi pada mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Berdasarkan hasil observasi awal penelitian diketahui bahwa hambatan yang dialami oleh mahasiswa dalam menyusun skripsi, antara lain: 1) Sulitnya mendapatkan bahan untuk menulis skripsi, 2) Tidak optimis dalam mengerjakan skripsi, 3) tidak ada dukungan moril dari teman ataupun orangtua, 4) Belum paham konsep dan langkah-langkah penyusunan skripsi, 5) Rasa malas, merasa cemas saat bimbingan dengan pembimbing akademik, 6) Terikat pekerjaan yang menyita waktu, 7) Mahasiswa lebih menyukai untuk mengerjakan hal lain yang lebih menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa hubungan antara konsep diri, dukungan sosial teman sebaya dengan optimisme pada mahasiswa tingkat akhir dalam mengerjakan skripsi di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini berangkat dari kerangka berpikir dukungan sosial yang diukur dengan family support, friend support, dan significant other support. Skala Optimisme yang diukur dengan permanent, pervasiveness, personalisasi. Konsep diri yang diukur dengan physical self esteem, social self esteem, performance self esteem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah deskriptif asosiatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap optimisme mahasiswa tingkat akhir, dengan perolehan nilai variabel konsep diri berpengaruh terhadap optimisme. Artinya semakin tinggi Konsep diri pada seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung maka semakin tinggi pula rasa optimis pada seorang mahasiswa tersebut. Kedua, dukungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap optimisme mahasiswa tingkat akhir, dengan perolehan nilai variabel dukungan sosial. Artinya semakin tinggi dukungan sosial pada seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung maka semakin tinggi pula rasa optimis pada seorang mahasiswa tersebut tersebut. Ketiga, secara simultan konsep diri dan dukungan sosial terhadap optimisme mahasiswa tingkat akhir di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Selanjutnya, berdasarkan hasil Uji simultan (Uji-F) menunjukkan bahwa model dengan dua variable prediktor yaitu, konsep diri dan dukungan sosial terhadap motivasi cocok dengan data. Sehingga bisa kita peroleh hasil bahwa F hitung > F tabel. Artinya bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan konsep diri dan dukungan sosial terhadap optimisme secara simultan. ENGLISH : Based on the results of the initial observations of the research, it is known that the obstacles experienced by students in preparing the thesis, among others: 1) Difficulty in getting materials to write a thesis, 2) Not optimistic in working on the thesis, 3) There is no moral support from friends or parents, 4) Not yet understand the concepts and steps of writing a thesis, 5) Feeling lazy, feeling anxious when mentoring an academic supervisor, 6) Bound to work that takes up time, 7) Students prefer to do other more fun things. The purpose of this study was to determine and analyze the relationship between self-concept, peer social support and optimism in final year students working on thesis at Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung. This study departs from the framework of thinking about social support as measured by family support, friend support, and significant other support. Optimism scale as measured by permanent, pervasiveness, personalization. Self-concept as measured by physical self-esteem, social self-esteem, performance self-esteem. This study uses a quantitative approach and the research method used in this study is descriptive associative. The results showed that; First, self-concept has a significant effect on the optimism of final year students, with the acquisition of the value of the self-concept variable having an effect on optimism. This means that the higher the self-concept in a final year student at the State Islamic University of Sunan Gunung Djati Bandung, the higher the sense of optimism in the student. Second, social support has a significant effect on the optimism of final year students, with the acquisition of the value of the social support variable. This means that the higher the social support for a final year student at the State Islamic University of Sunan Gunung Djati, Bandung, the higher the sense of optimism in the student. Third, simultaneously self-concept and social support to the optimism of final year students at Sunan Gunung Djati State Islamic University, Bandung. And the rest is influenced by other variables not examined in this study. Furthermore, based on the results of the simultaneous test (F-Test) shows that the model with two predictor variables, namely, self-concept and social support for motivation fits the data. So we can get the result that F count > F table. This means that it can be concluded that there is a significant effect of self-concept and social support on optimism simultaneously.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri; Optimisme; Dukungan Sosial; Motivasi
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Via Abdissalam
Date Deposited: 03 Feb 2022 05:34
Last Modified: 03 Feb 2022 05:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48644

Actions (login required)

View Item View Item