Analisis pengaruh penyerapan tenaga kerja ekonomi kreatif dan ekspor ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi Kreatif tahun 2011 -2020 dalam tinjauan ekonomi Islam

Damayanti, Pipit Fitriyah (2021) Analisis pengaruh penyerapan tenaga kerja ekonomi kreatif dan ekspor ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi Kreatif tahun 2011 -2020 dalam tinjauan ekonomi Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy

Abstract

Penyerapan tenaga merupakan faktor pendukung dari pembangunan ekonomi. Perekonomian yang kuat akan didorong dengan peningkatan cadangan devisa negara itu sendiri dan kinerja sektor-sektor industri yang baik. Untuk meningkatkan cadangan devisa tersebut maka perlu penguatan salah satunya dengan kegiatan perdagangan internasional yakni ekspor. Pertumbuhan ekonomi berhubungan dengan proses meningkatnya suatu produksi barang atau jasa dan kegiatan ekonomi masyarakat. Perkembangan diukur dengan meningkatnya hasil produksi dan pendapatan, berarti meningkatnya pendapatan nasional ditunjukkan oleh besarnya nilai Produk Domestik Bruto (PDB). Terdapat sektor yang digadang menjadikan suatu perekonomian yang menjadi harapan negara yaitu Ekonomi Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyerapan tenaga kerja ekonomi kreatif dan ekspor ekonomi kreatif secara parsial dan simultan terhadap produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif, serta mengetahui penyerapan tenaga kerja ekonomi kreatif, ekspor ekonomi kreatif dan produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif dalam tinjauan ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan mix method (penelitian gabungan antara kuantitatif dan kualitatif). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang termasuk dalam kategori time series (runtut series). Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi dan Library Research (kepustakaan). Analisis data yaitu dengan metode deskrisptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi dengan pengolahan data menggunakan bantuan software IBM SPSS 21. Hasil analisis menunjukkan secara parsial (uij t) bahwa variabel penyerapan tenaga kerja ekonomi kreatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif. Variabel ekspor ekonomi kreatif berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif. Hasil analisis secara simultan (uji f) menunjukkan variabel penyerapan tenaga kerja ekonomi kreatif dan ekspor ekonomi kreatif berpengaruh secara bersama-sama mempengaruhi produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif. kemudian nilai koefisien determinasi (R²) menunjukkan nilai sebesar 0,960 atau 96%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penyerapan Tenaga Kerja; Ekspor; PDB; Produk Domestik Bruto; Ekonomi Kreatif; Ekonomi Islam;
Subjects: Macroeconomics and Related Topics > National Product
Macroeconomics and Related Topics > Factors Affecting National Product, Wealth, Income
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Pipit Fitriyah Damayanti
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:26
Last Modified: 04 Feb 2022 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48630

Actions (login required)

View Item View Item