Praktik jual beli Pre Order PO ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syariah : Studi kasus di toko online Aulia Olshop di Kuningan Jawa Barat

Thomas, Jery (2022) Praktik jual beli Pre Order PO ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syariah : Studi kasus di toko online Aulia Olshop di Kuningan Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena maraknya perkembangan jual beli online dengan sistem pre order. Jual beli pre order adalah jual beli pesanan yang didalam islam menggunakan akad salam. Jual beli pre order yang dilakukan oleh toko Aulia Olshop ini menjual barang yang belum diserah terimakan atau masih berstatus pesanan. Dalam mekanismenya jual beli pre order ini terdapat dua tahapan pembayaran yang dilakukan pada saat akad berlangsung dan dilakukan pelunasan pada saat barang sudah tersedia atau siap dikirim. Dalam perjanjian jual beli pre order ini juga tidak terdapat waktu penyerahan barang secara pasti . Tidak jarang terjadi keterlambatan dalam penyerahan barang yang pada akhirnya berdampak pembatan pesanan oleh pembeli. Jual beli salam tidak boleh menjual barang sebelum diserahterumakan dan pembayarannya pun harus dilakukan secara tunai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan praktik jual beli dengan sisem pre order (Po) di Toko Online Aulia Olshop dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik Jual beli Pre Order di Toko Online Aulia Olshop. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini di dasarkan pada bahwa praktik jual beli pre order (Po) di toko Aulia Olshop ini apakah sudah sesuai dengan ketentuan syar’a, yaitu terpenuhinya rukun dan syarat serta sesuai asas-asas dan prinsip-prinsip muamalah. Bahwasanya dalam praktik jual beli harus bersifat Antaradhin (keridhaan) dan terhindar dari larangan islam seperti gharar dan maisir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu mencari sesuatu yang fakta-fakta empirik yang bersifat khusus dari hasil penelitian dan diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat umum. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik jual beli pre order (Po) pada toko Aulia Olshop tidak diperbolehkan menurut hukum islam karena tidak diperbolehkan menjual barang atau objek yang dibeli dengan jual beli salam apabila belum diserahkan. Untuk mekanisme pembayaran pada jual beli pre order di toko Aulia Olshop tidak sesuai menurut hukum islam karena pembayaran dalam jual beli salam harus dilakukan secara langsung atau kontan dan pengirimannya juga harus jelas agar tidak terjadi gharar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Jual Beli Pre order; Jual Beli Salam;
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Private Law > Commercial Law
Administration of Economy
Administration of Economy > Administration of Commerce
Business > General Publications of Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Jery Thomas
Date Deposited: 03 Feb 2022 05:11
Last Modified: 03 Feb 2022 05:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48628

Actions (login required)

View Item View Item