Peran bimbingan rohani Islam terhadap spiritualitas pasien Skizofrenia : Studi kasus di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman Soreang Kabupaten Bandung

Muhidin, Ari (2021) Peran bimbingan rohani Islam terhadap spiritualitas pasien Skizofrenia : Studi kasus di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman Soreang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan rohani Islam adalah pelayanan dalam perawatan mental dan spiritual kepada seseorang yang sedang sakit sesuai dengan ajaran Islam. Fungsi dari bimbingan rohani Islam adalah membantu individu untuk agar dapat terhindar dari masalah-masalah yang ada (kecemasan, perasaan tidak tenang dan gangguan emosi). Spiritualitas dapat dilihat sebagai sumber dari dukungan emosional yang berpengaruh positif terhadap kesehatan dan berkontribusi pada kualitas hidup seseorang. Pada umumnya, seseorang yang memiliki penyakit skizofrenia akan kesulitan untuk membedakan kenyataan dengan apa yang berada dalam pikiran pribadinya. Kegiatan-kegiatan bimbingan rohani Islam terhadap pasien skizofrenia bertujuan untuk menumbuhkan spiritualitas pasien sehingga pasien tidak melupakan pengalaman keagamaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui spiritualitas pasien skizofrenia dan peran bimbingan rohani Islam terhadap spiritualitas pasien skizofrenia di panti rehabilitasi bumi kaheman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui lebih dalam tentang apa yang belum diketahui sebelumnya dengan terjun secara langsung ke lapangan atau tempat penelitian. Hasil dari peneltian yang dilakukan di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman adalah spiritualitas yang dimiliki oleh pasien skizofrenia di asrama tiga (A3) berbeda-beda, pasien “K” dapat mengerjakan tugas piket dengan baik, tidak mengganggu pasien yang lain dan melakukan ibadah dengan cara berdoa kepada Allah swt. agar diberikan kesembuhan, pasien “T” belum bisa mengerjakan tugas piket dengan baik, tidak mengganggu pasien yang lain dan belum dapat beribadah secara mandiri, pasien “G” dapat mengerjakan tugas piket dengan baik, tidak mengganggu dan dapat membantu pasien yang lain dan dapat melakukan ibadah secara mandiri. Bimbingan rohani Islam berperan dalam menumbuhkan spiritualitas pasien skizofrenia dilihat dari adanya petugas yang memberikan bimbingan rohani Islam terhadap pasien skizofrenia dan terdapat aktivitas pasien skizofrenia di asrama tiga (A3) seperti pasien dapat bersuci, melaksanakan salat, membantu orang lain, berzikir serta berdoa agar diberikan perlindungan dan kesembuhan oleh Allah swt.serta pasien dapat menjalin hubungan yang baik antar pasien dan petugas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Bimbingan Rohani Islam; Spiritualitas; Skizofrenia
Subjects: Psychology > Experinmental Research
Science and Religion
Islam > Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ari Muhidin
Date Deposited: 10 Feb 2022 01:32
Last Modified: 10 Feb 2022 01:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48622

Actions (login required)

View Item View Item