Pengaruh sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung Tahun 2018-2019

Putri, Liana Utami (2021) Pengaruh sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung Tahun 2018-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan adalah adanya kelemahan sistem pengendalian internal berdasarkan hasil pemeriksaan tahun 2019 yaitu adanya aset tetap yang belum dapat diyakini nilai kewajarannya, aset dalam kondisi rusak berat yang belum dilakukan penghapusan. Hal tersebut mengakibatkan kualitas dari laporan keuangan pemerintah Kecamatan Arcamanik belum maksimal, oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui adakah Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh secara signifikan dari sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung. Teori sistem pengendalian internal yang digunakan pada penelitian ini dari Mahmudi (2011:253) dengan dimensi yaitu lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan. Teori kualitas laporan keuangan pemerintah yang digunakan dalam penelitian ini dari Chabib Soleh dan Heru Rochmansjah (2010:157) dengan dimensi yaitu relevan, andal, dapat dipahami, dapat dibandingkan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksplanatori menggunakan metode asosiatif, jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dibagikan kepada 19 responden. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji t. Seluruh teknik analisis data menggunakan alat bantu software SPSS 28 for windows. Hasil penelitian berdasarkan pengujian statistik dilakukan oleh peneliti diperoleh nilai t hitung > t tabel (8,629 > 2,110 ) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah. Mendapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 81,36% yang termasuk dalam kriteria tingkat hubungan yang tinggi. Nilai koefisien regresi sebesar 0,387 yang menunjukkan angka positif yang berarti terdapat pengaruh positif sistem pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah di Kecamatan Arcamanik Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal; Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah.
Subjects: Public Administration
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Liana Utami Putri
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:48
Last Modified: 03 Feb 2022 01:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48617

Actions (login required)

View Item View Item