Bimbingan nilai agama untuk perkembangan kecerdasan spiritual anak usia dini di RA al-ikhlas

Wardaya, Imanda Salsabila (2021) Bimbingan nilai agama untuk perkembangan kecerdasan spiritual anak usia dini di RA al-ikhlas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy

Abstract

Pada hakikatnya usia dini merupakan fase terpenting dalam kehidupan manusia. Dalam pandangan Islam, anak adalah amanah dan tanggung jawab yang harus dijaga serta dididik dengan baik oleh orang tua sesuai dengan kehendak dari sang pencipta, sang pemberi amanah yakni Allah SWT. Munculnya krisis akhlak yang menimpa Indonesia saat ini bisa disebabkan oleh lemahnya penanaman nilai spiritualitas terhadap anak sejak dini. Bimbingan nilai agama merupakan salah satu upaya pelestarian moralitas yang sangat berpengaruh dalam kehidupan suatu bangsa. Pembentukan akhlak tentu berkaitan erat dengan kecerdasan spiritual. Melihat fenomena tersebut, maka mengembangkan spiritual anak dapat diberikan melalui bimbingan nilai agama, selain di rumah juga bisa dengan mengikutsertakan anak ke lembaga pembelajaran, salah satunya melalui RA Al-Ikhlas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji mengenai program bimbingan nilai agama, proses pelaksanaan dari bimbingan nilai agama dan juga hasil dari bimibingan nilai agama untuk perkembangan kecerdasan spiritual anak usia din. Ini diperoleh melalui kajian atas dimensi input, proses, dan output di RA Al-Ikhlas Sumedang. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan agama merupakan proses pemberian bantuan terhadap individu yang dilakukan secara terus menerus dan intensif. Yang bertujuan agar individu yang dibimbing dapat menerapkan nilainilai keagamaan yang diperoleh sehingga dapat menjalani kehidupan yang lebih baik sesuai dengan syariat. Pengembangan kecerdasan spiritual adalah suatu cara, proses, upaya untuk mewujudkan potensi kecerdasan spiritual individu menjadi lebih baik, lebih terarah sesuai serta sesuai dengan ajaran agama islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif yaitu memberikan gambaran secara sistematis, faktual, aktual mengenai Bimbingan Nilai Agama Untuk Perkembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini di RA Al-Ikhlas Sumedang. Adapun pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung serta wawancara kepada pihak yang bersangkutan, mulai dari Kepala Sekolah RA Al-Ikhlas, hingga guru dan orang tua murid. Hasil bimbingan nilai agama yang telah dilaksanakan di RA al-ikhlas ini menunjukan adanya perkembangan kecerdasan spiritual pada anak usia dini yang cukup baik dan positif. Adalah munculnya aspek-aspek kecerdasan spiritual yang mulai terlihat ditunjukan melalui perbuatan maupun perkataan. Dengan demikian, terlihat adanya capaian dari pelaksanaan bimbingan keagamaan yang telah dilaksanakan berupa adanya perkembangan kecerdasan spiritual yang cukup signifikan pada anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Kecerdasan Spiritual; Anak Usia Dini;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Imanda Salsabila Wardaya
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:09
Last Modified: 03 Feb 2022 02:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48612

Actions (login required)

View Item View Item