Bimbingan kelompok melalui program maghrib mengaji untuk meningkatkan spiritualitas santri: Penelitian di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Desa Ciparay Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka

Kholidah, Lilik Noor (2021) Bimbingan kelompok melalui program maghrib mengaji untuk meningkatkan spiritualitas santri: Penelitian di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Desa Ciparay Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya peningkatan penggunaan smartphone di kalangan remaja yang terjadi secara berlebihan, diperparah dengan kondisi pandemi seperti sekarang yang mengharuskan seluruh kegiatan sehari-hari dilakukan melalui smartphone sehingga semakin lama durasi dalam menggunakan smartphonenya dalam sehari, hal ini menjadi salah satu penyebab bekurangnya minat remaja dalam membaca Al-Qur’an dan mempelajari ilmu agama Islam serta semakin ditinggalkannya kegiatan mengaji pada waktu maghrib, sehingga pemerintah mengambil langkah strategis dalam menghidupkan lagi nilai yang ada di masyarakat dengan dicanangkannya program maghrib mengaji, salah satu lembaga yang melaksanakan program maghrib mengaji adalah Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program maghrib mengaji, proses pelaksanaan, dan hasil dari kegiatan bimbingan kelompok melalui program maghrib mengaji dalam meningkatkan spiritualitas santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan kelompok merupakan aktivitas-aktivitas yang dilakukan berfokus pada penyesiaan informasi atau pengalaman lewat aktivitas kelompok yang terencana dan terorganisasi. Bertujuan menyediakan informasi akurat bagi seluruh anggota kelompok intik membantu membuat perencanaan dan keputusan hidup yang tepat. Spiritualitas merupakan suatu proses menemukan makna, tujuan, moralitasm dan kebahagiaan dalam hubungannya dengan diri sendiri, orang lain, dan dengan realitas tertinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang akan memberikan informasi secara sistematis, faktual, aktual. Dalam pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi kepada pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan kelompok di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Ciparay dapat meningkatkan spiritualitas santri. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya pelaksanaan ibadah santri disertai implementasi nilai-nilai agama Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an serta materi-materi yang telah disampaikan dalam kehidupannya sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Maghrib Mengaji; Spiritualitas
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Lilik Noor Kholidah
Date Deposited: 03 Feb 2022 01:50
Last Modified: 03 Feb 2022 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48610

Actions (login required)

View Item View Item