Kompetensi jurnalistik mahasiswa dalam organisasi komunitas : Studi Kasus pada komunitas JurnalposTV Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Triansyah, Hervan (2021) Kompetensi jurnalistik mahasiswa dalam organisasi komunitas : Studi Kasus pada komunitas JurnalposTV Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa adalah bagian dari komunitas akademis yang sedang menempuh pendidikan tinggi dan belajar di perguruan tinggi, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tidak cukup jika hanya didapatkan dari bangku kuliah saja. Mahasiswa jurnalistik dipersiapkan untuk menjadi jurnalis profesional agar dapat terlibat dalam peran dan fungsi jurnalistik di masa depan. Sebagai mahasiswa jurnalistik, diperlukan keterampilan dasar jurnalistik, keterampilan jurnalistik dasar ini mulai dari pengetahuan dasar ilmu komunikasi, pengetahuan teknologi, cara bereportase, sistem penyiaran, pemahaman berita televisi, dan masih banyak lagi. JurnalposTV merupakan komunitas televisi yang berada dibawah nauangan Hima Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan menjadi satu – satunya komunitas televisi yang diperkhususkan bagi mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara pengembangan kompetensi jurnalistik anggota pada komunitas pers mahasiswa JurnalposTV. Secara lebih rinci, penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara peningkatan kompetensi anggota komunitas JurnalposTV dalam bereportase, peningkatan pengetahuan dalam menggunakan alat, serta kompetensi dalam hal teknologi dan informasi. Penelitian ini mengacu pada teori kompetensi dan peraturan Dewan Pers tentang keterampilan yang harus dimiliki seorang jurnalis dalam menghasilkan suatu prodak jurnalistik. Selanjutnya didasarkan pada faktor teori dinamika kelompok. Ada dua faktor yang mempengaruhi dinamika kelompok, yaitu tujuan kelompok dan pola interaksi yang meliputi (1) Acting, (2) Co-Acting, (3) Interacting, (4) Counter Acting. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada cara khusus bagi komunitas JurnalposTV untuk meningkatkan kompetensi anggota dalam bereportase, menggunakan alat dan pengetahuan tentang teknologi dan informasi. Namun mereka mempunyai agenda rutin dalam waktu jangka panjang dan jangka pendek untuk mengasah keterampilan anggota, seperti dari kelas jurnalistik, diskusi liputan, pengalaman liputan ke lapangan, dan pemberian tantangan bagi setiap anggota. Selanjutnya, alasan mahasiswa jurnalistik memilih komunitas JurnalpsTV sebagai wadah pembelajaran adalah kenyamanan karena komunitas ini berada dibawah bidang pers Hima Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selain itu, faktor kohesivitas dan kompleksitas yang mempengaruhi komunitas dalam meningkatkan kompetensi jurnalistik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kompetensi; jurnalistik; organisasi; pers; mahasiswa; komunitas; JurnalposTV; Dinamikakelompok
Subjects: Knowledge
Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Organizations of Technology and Applied Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hervan Triansyah
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:29
Last Modified: 02 Feb 2022 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/48596

Actions (login required)

View Item View Item