Analisis kesulitan membaca siswa kelas I SDN Sukamukti III : Penelitian deskriptif di kelas I SDN Sukamukti III tahun pelajaran 2020/2021

Soniyati, Nia (2021) Analisis kesulitan membaca siswa kelas I SDN Sukamukti III : Penelitian deskriptif di kelas I SDN Sukamukti III tahun pelajaran 2020/2021. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan umum yang dialami oleh peserta didik dalam menjalankan tugas akademisinya. Permasalahan umum tersebut adalah kesulitan belajar terutama untuk meningkatkan keterampilan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) analisis kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas I SDN Sukamukti III tahun ajaran 2020/2021; 2) faktor-faktor yang menghambat kelancaran membaca siswa kelas I SDN Sukamukti III tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Sukamukti III sebanyak 15 siswa. Jenis data yang digunakan adalah jenis data primer dan sekunder. Sedangkan untuk teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka didapatkan hasil: 1) analisis kesulitan membaca dipengaruhi oleh kesulitan siswa untuk mengenal huruf abjad dan kesulitan untuk memahami konsep masing-masing penggabungan huruf agar menjadi sebuah bahan bacaan yang padu dan memiliki makna; 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran membaca siswa dipengaruhi oleh tiga faktor di antaranya adalah faktor fisiologis atau fisik siswa, psikologis atau kejiiwaan, dan lingkungan siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca; Faktor yang Mempengaruhi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nia Soniyati
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:47
Last Modified: 02 Feb 2022 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48584

Actions (login required)

View Item View Item