Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Astra Agro Lestari, Tbk periode 2010-2019

Akbar Al'arifi, Salman (2021) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Astra Agro Lestari, Tbk periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya permasalahan pada investasi di pasar modal yang memberikan ketidakpastian dan risiko tinggi yang mungkin terjadi. Bagi investor informasi tentang Debt to Equity Ratio (DER) dan Earnings Per Share (EPS) menjadi kebutuhan yang sangat mendasar dalam kebutuhan pengambilan keputusan, sehingga keputusan yang diambil diharapkan akan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Earnings Per Share (EPS) secara simultan maupun secara parsial terhadap Harga Saham pada perusahaan yag terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yaitu PT. Astra Agro Lestari, Tbk selama 10 tahun terakhir, yaitu periode 2010-2019. Semakin tinggi laba bersih yang didapatkan oleh suatu perusahaan, maka Earnings Per Share (EPS) yang didapatkan para investor akan semakin besar. Apabila Debt to equity Ratio (DER) perusahaan rendah dan pendapatan per lembar saham atau Earnings Per Share (EPS) yang diterima tinggi. Maka hal ini akan meningkatkan kepercayaan para investor oleh karena itu, harga saham pun akan ikut naik dikarenakan permintaan dan penawaran terhadap saham tersebut meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah analasis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan PT. Astra Agro Lestari, Tbk periode tahun 2010-2019. Teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browser dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis korelasi, analisis determinasi dan analisis uji hipotesis (ujit t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 20.0 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial (uji t) menunjukan bahwa variabel Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap harga saham karena memiliki nilai thitung <ttabel yaitu 0,593 < 2,306. Sedangkan secara parsial variabel Earning Per Share (EPS) berpengaruh terhadap harga saham karena memiliki nilai 2,357 > 2,306 atau thitung >ttabel. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan (Uji F) diperoleh nilai Fhitung sebesar 2,522 dan nilai Ftabel sebesar 4,74. Hal ini tidak memenuhi syarat Fhitung> Ftabel, yakni 2,512 < 4,74. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, tidak terdapat signifikansi antara Debt to Equity Ratio (DER) Earnings Per Share (EPS) terhadap Harga saham secara simultan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Earning Per Share (EPS); Harga Saham
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Salman Akbar Al'arifi
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:34
Last Modified: 03 Feb 2022 06:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48575

Actions (login required)

View Item View Item