Pembuatan E-modul kesetimbangan kimia berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI

Ihsan Athobari, Luthfi (2021) Pembuatan E-modul kesetimbangan kimia berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy

Abstract

Kesetimbangan kimia merupakan materi dari ilmu kimia yang sulit dipahami oleh siswa. Karena konsep pada kesetimbangan kimia adalah abstrak dengan contoh konkrit sehingga memerlukan penalaran yang tinggi untuk memahaminya. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan tampilan e-modul kesetimbangan kimia berbasis android, mengalisis hasil uji validasi dan uji kelayakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Brog and Gall. Tampilan e-modul terdiri beberapa menu diantaranya menu tujuan pembelajaran, menu materi pembelajaran, menu latihan soal, menu demonstrasi praktikum, menu daftar pustaka dan menu profil penyusun. E-modul kesetimbangan kimia ini berbentuk aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone berupa media interaktif disertai gambar, animasi dan video pembelajaran. Sehingga dapat menunjang siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Kemudian, didapatkan hasil uji validasi dengan nilai rata-rata persentase sebesar 91,48% dan hasil uji kelayakan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 89,84%. Sehingga e-modul kesetimbangan kimia berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IX sangat layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-modul; Android; Media Interaktif; Kesetimbangan Kimia; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Education
Higher Education, Universities > Higher Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Luthfi Ihsan Athobari
Date Deposited: 02 Feb 2022 01:58
Last Modified: 02 Feb 2022 01:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48574

Actions (login required)

View Item View Item