Implementasi terapi dzikir terhadap penderita Skizofrenia : Studi kasus di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman Soreang Bandung

Octaviani, Dhea Putri Nur (2021) Implementasi terapi dzikir terhadap penderita Skizofrenia : Studi kasus di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman Soreang Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa modernisasi dan globalisasi serta teknologi yang canggih membuat individu menjadi lebih mudah dalam menjangkau hal apa pun yang di inginkan. Hal ini membuat manusia menjadi lupa bersyukur dan tidak mengingat kepada Allah yang telah memberi nikmat segalanya, sehingga membuat seseorang lupa dalam berdzikir. Setiap individu memiliki emosi negatif yang ada di dalam hati nya. Dengan berdzikir emosi negatif yang terdapat di dalam hati akan hilang. Apabila seseorang memiliki emosi negatif dapat menimbulkan rasa frustasi, depresi dan stress sehingga dapat menyebabkan seseorang mengidap gangguan jiwa yang disebut dengan skizofrenia. Berdzikir merupakan cara untuk mengingat, memuji, mengagungkan nama Allah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model terapi dzikir yang ada di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman dan untuk mengetahui implementasi terapi dzikir bagi penderita skizofrenia di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif. Penelitian kualitatif memiliki sifat yang terbuka untuk melakukan sebuah perancangan ulang dan menganalisis data yang berlangsung bersamaan. Hasil penelitian yang sudah dilakukan di Panti Rehabilitasi Bumi Kaheman membuktikan bahwa terapi dzikir yang di terapkan kepada pasien dapat menenangkan hati, selain itu pasien lebih ke bersyukur atas yang diberikan nikmat oleh Allah,dan dapat mengkontrol emosi atau diri sendiri. Dengan berdzikir dapat membuat pasien mengingat Allah pada situasi sulit atau ketika kambuh. Sehingga, dapat meredakan perilaku agresif terhadap pasien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dzikir; Skizofrenia
Subjects: Psychology > Experinmental Research
Religious Experiences
Science and Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dhea Putri Nur Octaviani
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:07
Last Modified: 03 Feb 2022 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48553

Actions (login required)

View Item View Item