Perancangan sistem absensi menggunakan Fingerprint untuk pengambilan makan berbasis Internet Of Things

Mabrur, Agus Muhammad (2022) Perancangan sistem absensi menggunakan Fingerprint untuk pengambilan makan berbasis Internet Of Things. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Pada umumnya proses absensi pengambilan makan yang terjadi di setiap pondok pesantren terbilang masih jauh dari kata efisien yaitu dengan pencatatan datanya manual. Pondok pesantren merupakan bagian dari Pendidikan nasional dan juga menjadi Lembaga Pendidikan islam tertua di Indonesia. Pada dasarnya setiap pondok pesantren mempunyai permasalahannya masing-masing tapi permasalahan tersebut hampir terbilang sama terutama pada saat proses absensi pengambilan makan di laksanakan. Tetapi para santrinya sering saja ada yang melakukan suatu kecurangan dengan mengambil makan lebih dari satu kali, hal itu membuat pengurus yang bertanggung jawab sering kewalahan dengan pendataannya. Di era perkembangan zaman sekarang perlunya pemanfaatan teknologi untuk proses pengambilan makan di setiap pondok pesantren. Salah satunya adalah dengan menggunakan sensor fingerprint unruk proses absensi pengambilan makan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan mikrokontroller NodMCU ESP8266 sebagai pengiriman datanya, sensor pembaca sidik jari nya menggunakan Fingerprint sensor AS608, lcd sebagai penampil informasi, buzzer dan led sebagai indikator berhasilnya pengambilan dan untuk efisiensi pencarian nama santri diterapkan algoritma Brute Force untuk mencocokan string yang diinputkan. Berdasarkan hasil pengujian dari perancangan alat tersebut dihasilkan tingkat akurasi sebesar 84% pada proses pendeteksiannya, sedangkan hasil pengujian algoritma Brute Force berhasil di terapkan pada sistem, dimana algoritma Brute Force memiliki ketepatan 100% berdasarkan kesesuaian pada database dan rata-rata waktu 57,33 ms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Proses Absensi Pengambilan Makan; Pondok Pesantren; Brute Force; NodeMCU ESP8266; Sensor Fingerprint
Subjects: Systems > System Identification
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Agus Muhammad Mabrur
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:16
Last Modified: 31 Jan 2022 03:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48547

Actions (login required)

View Item View Item