Analisis nilai-nilai pendidikan Islam pada buku The Great Prophet Muhammad untuk pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah

Imansyah, Nisrina Roihanah Zakiyah Nur (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan Islam pada buku The Great Prophet Muhammad untuk pembelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi untuk meningkatkan kepercayaan kepada Allah Swt. dengan membentuk rasa percaya diri dan membuat kepribadian yang baik sejak dini dengan menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada diri mereka. Menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam dengan pembelajaran SKI di MI dengan ajaran menyeluruh akan memudahkan anak-anak memahami nilai-nilai pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada buku The Great Prophet Muhammad, untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung pada buku The Great Prophet Muhammad yang relevan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Pendekatan penelitian ini menunggunakan pendekatan kualitatif dengan metode jenis penelitian Library Research atau studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi: sumber tertulis, gambar, karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian dan dapat memberikan informasi untuk proses penelitian. Kemudian teknik analisi data yang digunakan ada tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku The Great Prophet Muhammad yaitu nilai akidah: Iman kepada Allah dan Iman kepada Nabi dan Rasul, nilai ibadah (syariah): ucapan hati, perbuatan hati, shalat, shadaqah, harta, mengamalkan amaliyah, dan nilai akhlak: akhlak terhadap Allah Swt: menghindari perbuatan maksiat, bertakwa, akhlak terhadap Rasulullah: meyakini bahwa Rasul Allah membawa kebenaran, akhlak terhadap orang tua: saling menyayangi dan mencintai sesama keluarga.akhlak terhadap diri sendiri: jujur, berkerja keras, amanah, menjadi orang pemaaf, pemimpin, dermawan, bijaksana, menyayangi orang lain, tidak sombong, tidak memotong pembicaraan orang lain, dan pendengar yang baik. Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dengan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada buku The Great Prophet Muhammad nilai ibadah, nilai akhlak, nilai aqidah di jenjang kelas 3 dan 4.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Islam; SKI; Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisrina Roihanah Zakiyah Nur
Date Deposited: 02 Feb 2022 00:58
Last Modified: 02 Feb 2022 00:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48529

Actions (login required)

View Item View Item