Analisis pengaruh Cash Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan sektor Basic and Chemicals yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Unggul Indah Cahaya Tbk. periode 2010-2019

Islami, Annida Nurul (2021) Analisis pengaruh Cash Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan sektor Basic and Chemicals yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di PT. Unggul Indah Cahaya Tbk. periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan GunungDjati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan merupakan suatu organisasi yang memiliki tujuan untuk mencapai laba yang maksimum. Kinerja perusahaan yang berkaitan dengan kinerja keuangan menjadi sorotan para investor dan pemegang saham. Analisis rasio keuangan merupakan instrumen analisis prestasi perusahaan yang menjelaskan berbagai hubungan dan indikator keuangan, yang ditujukan untuk menunjukkan perubahan dalam kondisi keuangan atau prestasi operasi dimasa lalu dan membantu menggambarkan trend pola perubahan tersebut, untuk kemudian menunjukkan risiko dan peluang yang melekat pada perusahaan yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cash Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Unggul Indah Cahaya Tbk; mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Unggul Indah Cahaya Tbk; mengetahui pengaruh Cash Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Unggul Indah Cahaya Tbk. Kerangka pemikiran penelitian adalah Cash Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap Return On Assets (ROA), karena apabila keduanya yang dikeluarkan perusahaan mengalami kenaikan maka dapat menurunkan tingkat ROA yang diperoleh, begitu pun sebaliknya, apabila keduaya mengalami penurunan maka ROA yang diperoleh akan mengalami kenaikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Unggul Indah Cahaya Tbk periode 2010-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Cash Ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA) hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 1,479 dan koefisien determinasi sebesar 21,5%. Secara parsial Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar -2,398 dan nilai koefisien determinasi sebesar 41,8%. Kemudian secara simultan Cash Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dengan nilai Fhitung sebesar 2,515 dan nilai koefisien determinasi sebesar 41,8% pada PT. Unggul Indah Cahaya Tbk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cash Ratio; Debt to Equity Ratio; Return On Assets
Subjects: Accounting
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Annida Nurul Islami
Date Deposited: 31 Jan 2022 00:58
Last Modified: 31 Jan 2022 00:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48521

Actions (login required)

View Item View Item