Pola komunikasi interpersonal ustaz Eka Permana Habibillah : Studi deskriptif dakwah ustaz Eka Permana Habibillah di Masjid Ar-Risalah Jl. Astanaanyar

Sunandar, Rizal (2021) Pola komunikasi interpersonal ustaz Eka Permana Habibillah : Studi deskriptif dakwah ustaz Eka Permana Habibillah di Masjid Ar-Risalah Jl. Astanaanyar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini arus teknologi informasi semakin berkembang pesat. Masyarakat dapat mengakses beragam informasi hanya dalam satu ketukan jari. Ragam informasi yang beredar tersebut salah satunya berkenaan dengan dunia dakwah. Beragam konten bermuatan dakwah berseliweran tak terbendung. Alih-alih kemajuan tersebut berdampak positif justru realitanya jauh panggang dari api. Informasi keagamaan yang bertebaran dimana-mana menjadi mesti dipertanyakan ulang kesahihannya. Oleh karena itu meskipun dunia dakwah mulai mewarnai konten digital, dakwah secara konvensional dari mimbar ke mimbar pun mesti tetap eksis. Namun sebagai penyeimbang kemajuan teknologi, formulasi yang digunakan dakwah konvensional tersebut mesti diramu ulang. Salah satunya dengan pendekatan dialogis, atau dalam ilmu komunikasi, pendekatan tersebut kentara dengan pola komunikasi interpersonal. Salah satu dai yang menggunakan pola tersebut adalah Ustaz Eka Permana Habibillah. Oleh karena keunikan dakwahnya yang kental dengan dialog tersebut penulis tertarik meneliti dengan pendekatan pola komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) karakteristik komunikasi interpersonal Ustaz Eka Permana Habibillah di Masjid Ar-Risalah Jl. Astanaanyar, (2) bentuk komunikasi interpersonal Ustaz Eka Permana Habibillah di Masjid Ar-Risalah Jl. Astanaanyar, dan (3) tujuan komunikasi interpersonal Ustaz Eka Permana Habibillah di Masjid Ar-Risalah Jl. Astanaanyar. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi interpersonal. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Sehingga peneliti mendeskripsikan fenomena yang ada berupa bentuk, aktivitas, karakterisitik, hubungan, kesamaan, dan perbedaan antara fenomena yang didapat dari observasi dan wawancara dengan teori yang digunakan. Hasil yang penulis dapatkan dalam penelitian ini adalah adanya kecocokan antara teori dengan fenomena yang didapat setelah melakukan observasi dan wawancara. Fenomena tersebut berkaitan dengan cocoknya antara pola komunikasi interpersonal secara karakteristik berupa (1) dimulai dari diri pribadi, (2) bersifat transaksional religius, (3) berkaitan isi pesan dakwah dan hubungan interpersonal, (4) kedekatan fisik antara dai dan mad’u, (5) dai dan mad’u saling bergantung atau interdependen. Sedangkan secara bentuk komunikasi yang digunakan dalam bentuk komunikasi kelompok kecil yang melibatkan 26 orang. Adapun tujuannya (1) amar makruf nahi munkar, (2) mengenal diri sendiri, (3) mengenal medan ragam medan dakwah, (4) menebar pesan perdamaian, (5) mencari kesenangan, (6) menghilangkan kemudaratan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Ilmu Komunikasi; Pola Komunikasi Interpersonal
Subjects: Islam > Da'wah
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizal Sunandar
Date Deposited: 31 Jan 2022 00:44
Last Modified: 31 Jan 2022 00:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48510

Actions (login required)

View Item View Item