Peran orang tua dalam menanamkan budaya literasi pada anak: Studi di Desa Liunggunung Plered Purwakarta

Hizkianur, Kania Selma (2021) Peran orang tua dalam menanamkan budaya literasi pada anak: Studi di Desa Liunggunung Plered Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (764kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai peran Orang Tua dalam pendidikan literasi anak. Analisis ini terletak di Desa Liunggunung, Plered, Purwakarta. Rendanya minat literasi anak di Desa Liunggunung menjadi salah satu alasan berdirinya kegiatan Literasi. Kurangnya perhatian orang tua dalam mengawasi anak pada penggunaan gadget juga menjadi alasan rendahnya minat literasi anak karena, anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game dibandingkan dengan mempelajari literasi. Penelitian ini bertujuan untuk peran orang tua dalam menanamkan budaya literasi pad anak selama era pandemi covid dan untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi dalam proses belajar nya. Teori yang di gunakan adalah teori AGIL dari Tallcot Parson. Adaptasi atau Adaptation, peran Orang Tua harus beradaptasi ditengah pandemi covid denga dibenturkan adanya pendidikan daring disekolah yang menyebabkan banyak anak yang kurang memahami apa yang di ajarkan. Tujuan atau Goal Attaitment dari adalah membantu pendidikan anak khususnya dalam hal literasi. Selain dari pada itu membantu meningkatkan nilai etika, moral, dan saling menghormati ditengah kurangnya ketiga nilai tersebut. Intergarsi atau Intergation dengan penguatan Integrasi yang dibangun adalah dengan membangun kerja sama komunikasi antara orang tua dan anak dengan harapan kelak pendampingan dari orang tua dalam pendidikan anak menjadi hal utama serta menghilangkan kepentingan pribadi di atas kepentingan Anak. Pemeliharaan atau Latency kegiatan Literasi memperbaiki sesuai dengan kebutuhan anak dan terus memperbaiki dalam setiap kegiatan belajar kepada anak sehingga memiliki landasan berfikir dan bertindak dalam menjalankan perannya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Yaitu pengumpulan data penelitian dengan observasi, wawancara, pengumpulan data dan analisis data demi mengetahui kondisi objektif di lapangan. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer, yaitu Orang Tua. Kemudian sumber data sekunder yang di dapatkan melalui anak. Hasil penelitian pada peran orang tua dalam proses belajar anak dirumah selama era pandemic covid dalam menanamkan budaya literasi menunjukkan bahwa orang tua merupakan penanggung jawab utama serta orang tua pun tetap berperan dalam menentukan masa depan pendidikan anak-anaknya. Dan dapat disimpulan bahwa peran yaitu: 1) Orang tua harus berperan aktif dalam memberikan semangat kepada Anak agar terus belajar dan dapat membagi waktu belajarnya dengan bai dan 2) Orang tua harus memberikan motivasi kepada Anak saat mengerjakan tugas dirumah karena pemberian motivasi sangatlah penting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua; AGIL; Literasi Anak
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Kania Selma Hizkianur
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:11
Last Modified: 02 Feb 2022 02:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48507

Actions (login required)

View Item View Item