Penggunaan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa : Penelitian quasi eksperiment di MAN 1 Pasaman Barat

Hayati, Azma (2021) Penggunaan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa : Penelitian quasi eksperiment di MAN 1 Pasaman Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (784kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelian kuasi eksperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, salah satunya melalui penggunaan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning; (b) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) dengan pembelajaran secara konvensional (ekspositori); (c) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Self-Directed Learning (SDL). Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian tes berupa soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan nontes yaitu angket respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pasaman Barat provinsi Sumatera Barat dengan sampel kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA-2 sebagai kelas control pada materi vektor. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) gambaran proses pembelajaran guru dan siswa pada materi vektor segiempat menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning berada pada kategori baik; (b) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Self-Directed Learning mengalami peningkatan dengan interpretasi sedang. Adapun Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Konvensional mengalami peningkatan dengan interpretasi rendah. Sehingga terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) sebagian besar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning merespon positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematis; Model Pembelajaran Self-Directed Learning
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Azma Hayati
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:49
Last Modified: 28 Jan 2022 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48498

Actions (login required)

View Item View Item