Perubahan emosi Rasulullah SAW dalam proses menerima wahyu : Analisis psikologis Rasulullah SAW dalam penerimaan wahyu Q.S. ‘Abasa [80] : 1-10, Al-‘Alaq [96] : 1-5, AlMuddatsir [74] : 1-7, dan Adh-Dhuha [93]).

Fahmi, Rival Muhammad Rijalul (2021) Perubahan emosi Rasulullah SAW dalam proses menerima wahyu : Analisis psikologis Rasulullah SAW dalam penerimaan wahyu Q.S. ‘Abasa [80] : 1-10, Al-‘Alaq [96] : 1-5, AlMuddatsir [74] : 1-7, dan Adh-Dhuha [93]). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an merupakan mukjizat berbentuk Kalaamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur. Dalam periodisasi penurunan wahyu, secara umum ulama sepakat bahwa yang menjadi asbabun nuzul suatu ayat turun ialah pertanyaan yang diajukan kepada Rasulullah SAW atau sebuah peristiwa yang melatarbelakangi turunya suatu ayat. Hal demikian juga tentunya berlaku kepada Nabi Muhammad SAW. Allah SWT dalam beberapa momen tertentu menurunkan firman-Nya ketika Rasulullah SAW mengalami perubahan kondisi emosi. Secara garis besar, penelitian ini membahas mengenai perubahan emosi Rasulullah SAW dalam proses menerima wahyu ketika beliau menerima wahyu Q.S. ‘Abasa [80] : 1-10, Al-‘Alaq [96] : 1-5, Al-Muddatsir [74] : 1-7, Adh-Dhuha [93]). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perubahan emosi Rasulullah SAW dalam proses menerima wahyu serta hikmah yang terkandung dibaliknya. Perubahan emosi yang dialami Rasulullah SAW dapat diketahui dengan melakukan penelusuran dalam Sirah Nabawiyah dan tinjauan asbabun nuzul terhadap ayat-ayat terkait. Penelitian yang penulis lakukan termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan Library Research (studi pustaka). Sumber utama dalam penelitian ini adalah literatur-literatur baik berupa buku maupun jurnal yang mengkaji mengenai pembahasan ‘ulumul qur’an terkhusus mengenai konsep asbabun nuzul dan proses pewahyuan. Adapun sumber pendukung dalam penelitian ini adalah literatur-literatur psikologi yang menganut madzhab psikoanalisis, kemuliaan akhlak Rasulullah SAW, dan literatur yang terkait guna memberikan ittijah psikologi dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis. Setelah melakukan penelitian, penulis berkesimpulan bahwa perubahan emosi Rasulullah SAW dalam proses menerima wahyu dapat membuktikan keotentikan Al-Qur’an sebagai Kalamullah dan bukan merupakan hasil rekayasa Nabi Muhammad SAW dengan mengkuti keinginan hawa nafsunya serta menunjukan keagungan akhlak yang dimiliki oleh Rasulullah SAW sebagai uswatun hasanah untuk umatnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Asbabun Nuzul; Emosi; Perubahan Emosi Rasulullah
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Rival Muhammad Rijalu Fahmi
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:39
Last Modified: 28 Jan 2022 03:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48479

Actions (login required)

View Item View Item