Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar : Penelitian kuantitatif di kelas V SDN Pasirhuni

Isnaeni, Nur Fitria (2021) Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar : Penelitian kuantitatif di kelas V SDN Pasirhuni. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tidak lepas dari minat belajar dan prestasi belajar. Kurangnya minat dalam belajar matematika akan berpengaruh pada keinginan untuk mempelajarinya, sehingga berpengaruh pada prestasi belajar kogntif. Hasil studi awal menunjukkan hasil PTS siswa kelas V SDN Pasirhuni tahun ajaran 2020/2021 pada mata matematika semester 1 bahwa 27 dari 31 siswa memperoleh nilai di bawah 65. Rendah tingginya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh minat belajarnya karena minat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi prestasi belajar. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan minat belajar, prestasi belajar kognitif, dan hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar kognitif pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN Pasirhuni tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dan metode korelasi. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik sampling sampel random. Banyaknya populasi pada penelitian ini yakni 117 siswa kelas V SDN Pasirhuni tahun ajaran 2020/2021, diambil sampel sebanyak 90 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas kolmogorov smirnov dan uji korelasi product moment. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa minat belajar siswa kelas V SDN Pasirhuni tahun ajaran 2020/2021 mata pelajaran matematika masuk pada kategori tinggi dengan skor persentase 76.62%. Indikator minat belajar yang tertinggi yaitu ketertarikan siswa dan terendah yaitu keterlibatan siswa. Prestasi belajar kognitif siswa masuk pada kategori cukup. Indikator soal yang tertinggi yaitu membandingkan data pada tabel frekuensi, sedangkan yang terendah yaitu menerapkan rumus volume balok. Diperoleh hasil nilai rhitung 0.396 > rtabel 0.207 artinya terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Dari hasil penelitian bahwa ada korelasi signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar kognitif pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN Pasirhuni tahun ajaran 2020/2021 dengan kategori lemah atau rendah. Hasil perhitungan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 15.68%, artinya minat belajar siswa memengaruhi prestasi belajar kognitif pada mata pelajaran matematika sebesar 15.68% dan sisanya 84.32% faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: matematika; minat belajar; prestasi belajar kognitif
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Fitria Isnaeni
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:47
Last Modified: 28 Jan 2022 01:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48462

Actions (login required)

View Item View Item