Perilaku disiplin santri berbasis program tahfidz: Penelitian di Pondok Pesantren Binaul Ummah Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur

Ghozwan, Muhammad (2022) Perilaku disiplin santri berbasis program tahfidz: Penelitian di Pondok Pesantren Binaul Ummah Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan terkait dengan berbagai faktor yang mempengaruhi kesuksesan individu. Salah satunya kedisiplinan yang dipandang berperan dalam kesuksesan individu. Dunia pendidikan sekolah-sekolah harus lebih intens melaksanakan program pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui peran program Pondok Pesantren Binaul Ummah dalam membentuk karakter kedisiplinan santri melalui program tahfidz 2)Untuk mengetahui implementasi kedisiplinan santri dalam pelaksanaan program tahfidz di Pondok Pesantren Binaul Ummah 3)Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pondok pesantren dalam membentuk karakter santri melalui budaya tahfidz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh adalah bersumber data primer yang didapatkan dari mudir atau pimpinan Pondok Pesantren Binaul Ummah, pengajar tahfidz, dan santri Pondok Pesantren Binaul Ummah yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder berupa jurnal, buku, internet, dan skripsi terdahulu yang mendukung penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berangkat dari teori Struktural Fungsional yang diperkenalkan oleh Talcot Parsons seorang sosiolog kontemporer Amerika, Parsons melihat sistem sosial atau tatanan masyarakat tercipta dari sistem dan struktur yang berfungsi secara otonom dan inheren, maka dalam melihat masyarakat harus diperhatikan pula struktur dan fungsinya. Asumsi dasar teori struktural fungsional ialah masyarakat terintegrasi atas dasar kesepakatan dari para anggotanya mengenai nilai-nilai tertentu. Dalam hal ini nilai-nilai tersebut mempunyai kemampuan mengatasi berbagai perbedaan. Hasil dari analisis prilaku disiplin santri berbasis program tahfidz, yaitu melalui program tahfidz karakter seseorang akan terbentuk dari proses pembelajaran dan pembiasaan yang sangat panjang. Al-Qur’an merupakan pedoman agama ini maka sudah tentu orang yang berpedoman kepada Al-Qur’an dia akan meliki aqidah yang lurus dan akhlak yang baik. Maka dari itu melalui program tahfidz penanaman nilai-nilai Al-Qur’an dilakukan agar memberi pengaruh yang positif teradap prilaku mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakter disiplin struktural fungsional santri
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Gozwan
Date Deposited: 28 Jan 2022 06:27
Last Modified: 28 Jan 2022 06:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48433

Actions (login required)

View Item View Item