Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu apilkasi Google Meet terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan manusia : Penelitian Quasi-Experimental pada siswa kelas VIII SMPN 46 Bandung

Lutfiyyah, Bellaswara Anisa (2021) Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu apilkasi Google Meet terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan manusia : Penelitian Quasi-Experimental pada siswa kelas VIII SMPN 46 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (bab 1)
4_bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan pengetahuan dan teknologi pada abad 21, menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi yang merupakan salah satu tujuan kurikulum saat ini, mengembangkan empat kompetensi siswa dalam belajar. Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu berpikir tingkat tinggi yang belum pernah diterapkan pada siswa kelas VIII SMPN 46 Bandung serta model pembelajaran yang digunakan belum variatif terutama dengan model pembelajaran RADEC berbantu aplikasi Google Meet. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis ketrampilan berpikir kreatif, serta respon siswa terhadap model pembelajaran RADEC berbantu aplikasi Google Meet pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan penelitian Non-equivalent Control Group Design .Teknik pengumpulan data yangdigunakan yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes keterampilan berpikir kreatif, dan angket respon siswa. Hasil yang diperoleh dari keterlaksanaan guru dan siswa sebesar 91,1% pada aktivitas guru dan 90,7% untuk aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik. keterampilan berpikir kreatif siswa dengan hasil pretest 56,1 dan posttest sebesar 89,3. Hasil uji normalitas seluruh data pretest dan posttest memiliki data yang berdistribusi normal, dan semua data homogen Pada uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung (8,72) > ttabel (2,00) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Dan juga respon siswa pada pembeljaran dengan menggunakan model pembelajaran RADEC memperoleh nilai rata-rata 4,5 dengan persentase sebesar 90% yang menunjukkan interpretasi tinggi, yang artinya respon siswa sangat baik. dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan manusia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kreatif; Model pembelajaran RADEC; Aplikasi Google Meet; Sistem pencernaan Manusia
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Bellaswara Anisa Lutfiyyah
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:08
Last Modified: 27 Jan 2022 01:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48386

Actions (login required)

View Item View Item