Manajemen implementasi kurikulum madrasah tsanawiyah: Studi kasus di MTs Persis Katapang kabupaten Bandung

Deristianti, Euis Nurul (2020) Manajemen implementasi kurikulum madrasah tsanawiyah: Studi kasus di MTs Persis Katapang kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Madrasah adalah satuan pendidikan formal yang ada dalam naungan Kementrian Agama yang menyelenggarakan pendidikan dengan ciri khas keislaman. Dalam meningkatkan daya saing dan mutu madrasah, berbagai inovasi dan pengembangan implementasi kurikulum pun dilakukan. Selain itu, Kementrian Agama pun mendorong dan memberikan ruang kepada madrasah untuk melakukan inovasi dalam implementasi kurikulum Madrasah Tsanawiyah. Itulah yang mendasari peneliti untuk untuk melakukan penelitian mengenai manajemen impelementasi kurikulum di MTs Persis Katapang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses perencaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan implementasi kurikulum di MTs Persis Katapang. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum di MTs Persis Katapang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Dengan pendekatan kualitatif naturalistik yang didasarkan pada fenomonologi sosial. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi (gabungan). Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen Implementasi Kurikulum di MTs Persis Katapang Kabupaten Bandung cukup baik. Dalam perencanaannya Kepala MTs Persis Katapang telah merencanakan program disertai dengan menentukan siapa pelaksanan dan pengawasnya hingga merumuskan tupoksi pelaksana dan merinci berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan program tersebut. Semua hal tersebut dilakukan dengan tetap berpedoman pada tujuan MTs Persis Katapang serta berlandasakan analisis kebutuhan yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam hal pengorganisasian, Kepala MTs Persis Katapang menyusun program-program berdasarkan urgensinya terhadap pencapaian tujuan, lalu kemudian mengelompokannya berdasarkan fokus yang sama dan membuat divisi sesuai dengan pengelompokan tersebut. Setelah divisi dibuat, kepala MTs Persis Katapang menjelaskan tupoksi yang disusunnya dan membuat struktur organisasinya. Terkait upaya penggerakan Kepala MTs Persis Katapang melakukan berbagai hal namun fokus utamanya adalah memberikan keteladanan. dari segi pengawasan, MTs Persis Katapang mengawasi, menilai, dan mengoreksi dengan fokus pada upaya perbaikan proses dan hasil. Adapun aspek yangdinilai sangat mempengraruhi implementasi kurikulum di MTs Persis Katapang adalah sumberdaya manusia serta sarana dan parasana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendidikan; Kurikulum; Madrasah; Tsanawiyah; Persis
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Euis Nurul Deristianti
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:17
Last Modified: 27 Jan 2022 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48385

Actions (login required)

View Item View Item