Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan pasal 3 Peraturan Daerah No. 7 tahun 2010 tentang jaminan kesehatan daerah kabupaten Sumedang : Studi kasus di Puskesmas Cimanggung

Nadzila, Elsa Aisyah (2022) Tinjauan siyasah dusturiyah terhadap pelaksanaan pasal 3 Peraturan Daerah No. 7 tahun 2010 tentang jaminan kesehatan daerah kabupaten Sumedang : Studi kasus di Puskesmas Cimanggung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftraisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Maraknya jaminan kesehatan yang di berikan pemerintah banyak menuai pro dan kontra khususnya di kalangan masyarakat miskin terlantar yang menjadi sasaran dari adanya Jaminan Kesehatan Daerah. Hal ini di latar belakangi oleh adanya peraturan yang timpang tindih dan berubah-rubah serta kebijakan yang di nilai tidak konsisten dan tidak mempertimbangkan kenyataan yang ada di lapangan membuat pelaksanaan program tidak berjalan efektif. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, mendeskripsikan tentang latar belakang terjadinya kelemahan dalam Pelaksanaan Peraturan Daereah Kab. Sumedang No. 7 tahun 2010 tentang Jamkesda. Kedua, Untuk mendeskripsikan solusi terhadap lemahnya pelaksanaan Jaminan Kesehatan Daerah di Puskesmas Cimanggung yang mengacu pada Pasal 3 Peraturan Daerah Kab.Sumedang tahun 2010 Ketiga, Untuk mengetahui Tinjauan Siyasah Dusturiyah terhadap latar belakang terebentuknya Peraturan Daerah Kabupaten Sumedang No. 7 Tahun 2010 dan solusi terhadap lemahnya pelaksanaan kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan konsep Jaminan Kesehatan Dalam Perspektif Islam yang di dasari oleh Dasar Hukum Jaminan Kesehatan dalam Islam dan Teori Siyasah Duturiyah. Adapun metode yang digunakan yakni analisis deskriptif yakni dengan menjabarkan hasil data yang diperoleh di lapangan yang kemudian di jabarkan dalam bentuk kalimat. Hasil pembahasan ini adalah: Pertama, adapun kelemahan daripada pelaksanaan Jamkesda tersebut yakni karena kondisi masyarakat yang belum seepeuhnya mengerti tentang pemanfaat program yang menjadikan pelaksanaannya tidak berjalan dengan baik. Kedua, kendala dalam pelaksanaan program yakni karena Evaluasi kebijakan yang dilakukan dinas kesehatan belum menekankan pada estimasi atau pengukuran dari suatu kebijakan, meliputi materi, implementasi dan pencapaian tujuan, dan dampak dari kebijakan tersebut sehingga pelaksanaanya masih belum sempurna. Ketiga, Berdasarkan kaidah fiqih, yang artinya “Kebijakan pemimpin terhadap rakyatnya bergantung kepada kemaslahatan”. Adanya program Jamkesda ini sudah menjadi upaya pemerintah dalam berjihad dalam memberikan keadilan dan hak yang sama kepada seluruh rakyatnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pemerintah;Pelayanan Kesehatan;Jamkesda.
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Elsa Aisyah Nadzila
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:29
Last Modified: 27 Jan 2022 02:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48377

Actions (login required)

View Item View Item