Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Kelurahan Babakan Surabaya Kota Bandung

Yusuf, Muhammad Shihabuddin (2021) Pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di Kelurahan Babakan Surabaya Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat RW 15 Kelurahan Babakan Surabaya. Pengembangan masyarakat islam hadir dalam mengatasi kemiskinan tersebut dengan upaya pemberdayaan melalui budidaya ikan lele, tujuan dari pengembangan masyarakat islam sendiri yakni untuk membantu meningkatkan pendapatan masyarakat agar dapat mencapai kesejahteraan dalam kehidupannya Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi program pemberdayaan masyarakat melalui budidaya ikan lele, pelaksanaan dari program pemberdayaan dan hasil dari adanya program pemberdayaan melalui budidaya ikan lele sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori pemberdayaan menurut Sumaryadi (2005) bahwa dalam pemberdayaan masyarakat perlu adanya upaya dalam mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan dalam suasana keadilan sosial yang berkelanjutan. Selain itu ada teori kesejahteraan menurut Midgley (1995) menyatakan bahwa kesejahteraan merupakan suatu kondisi yang tercipta ketika permasalahan masyarakat dapat diorganisir dengan baik, ketika kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dan bertambahnya peluang bagi masyarakat untuk berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Selain itu dalam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Keberhasilan program pemberdayaan masyarakat dapat dilihat dari kondisi masyarakat RW 15 Kelurahan Babakan Surabaya setelah adanya program tersebut. Sebagaimana yang dikutip dari Suhendra (2006) bahwa keberhasilan pemberdayaan ditandai dengan kemampuan masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah kehidupannya. Keberhasilan masyarakat RW 15 adalah meningkatnya kesejahteraan ekonomi serta sosial, dilihat dari bertambahnya penghasilan dan keterampilan masyarakat. Keberhasilan ini sesuai dengan tujuan pemberdayaan yakni pemberdayaan dilaksanakan guna mencapai perubahan masyarakat agar mendapatkan kualitas hidup yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kesejahteraan Masyarakat; Budidaya Ikan Lele
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Shihabuddin Yusuf
Date Deposited: 07 Feb 2022 02:33
Last Modified: 07 Feb 2022 02:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48373

Actions (login required)

View Item View Item