Peran karang taruna dalam menanggulangi kenakalan remaja : Studi kasus kelurahan Sadang Serang kelurahan Sadang Serang Kota Bandung

Adam, Setiawan (2021) Peran karang taruna dalam menanggulangi kenakalan remaja : Studi kasus kelurahan Sadang Serang kelurahan Sadang Serang Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Penyimpangan sosial atau perilaku menyimpang secara umum dapat dikatakan bahwa suatu kegiatan yang bersifat melanggar hukum, bertentangan dengan nilai dan norma yang dilakukan oleh sekelompok remaja. Kenakalan tersebut dapat berupa mengambil barang orang lain, kebut-kebutan dijalan sampai pada perbuatan yang menjurus pada perbuatan kriminal atau perbuatan yang tidak sesuai aturan, seperti membunuh, merampok, perbuatan asusila, seks bebas, pemakaian narkoba dan tindak kriminal lainnya yang sering diberitakan di berbagai surat kabar dan media elektronik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Struktural Fungsional. Menurut Talcott Parsons, masyarakat memliliki keterkaitan dalam menjalankan hubungan atau interaksi sehingga kondisi satu merupakan prasyarat dalam kehidupan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan cara observasi ke lapangan, wawancara mendalam, dan kajian pustaka. Seperti yang diketahui bahwa karang taruna adalah salah satu lembaga yang focus menjalankan pengembangan dan pembinaan minat bakat generasi muda dalam suatu masyarakat tertentu. Ketika membicarakan karang taruna pasti tidak akan jauh dengan proses kegiatan pembinaan dan pengembangan generasi muda antara anggota karang taruna dan masyarakat serta permasalahan sosial yang ada ditambah lagi dengan adanya masa pandemic seperti ini. Dalam meminimalisir masalah generasi muda diperlukan suatu wadah atau organisasi untuk membimbing dan mengarahkan generasi muda tersebut. Pelaksanaan bimbingan tersebut merupakan tugas, pokok dan fungsi dari pengurus pelaksana baik dari tingkat pusat maupun daerah yang sesuai dengan bidangnya, yang diedukasikan ke masyarakat terkhsusus dalam pemberian bantuan dan bimbingan yaitu dengan membentuk suatu wadah atau organisasi yang nantinya akan menjadi wadah tempat bimbingan generasi muda tersebut khususnya di pedesaan. Salah satu organisasi bimbingan dan pengembangan generasi muda melalui organisasi remaja dan kepemudaan yaitu Organisasi Karang Taruna. Peneliti tertarik ingin mengkaji realitas di masyarakat tersebut mengenai permasalahan kenakalan remaja yang sebenarnya marak terjadi di lingkungan kelurahan sadang serang, serta peniliti ingin mengetahui peran karang taruna dalam menanggulangi kenakalan remaja yang ada di lingkungan kelurahan sadang serang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; karang taruna; kenakalan remaja
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Adam Setiawan
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:04
Last Modified: 27 Jan 2022 01:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48371

Actions (login required)

View Item View Item