Rancang bangun prototipe Early Warning System sebagai mitigasi bencana tanah longsor menggunakan modul ESP8266 berbasis Internet Of Things (IOT)

Surdajat, Adityas (2021) Rancang bangun prototipe Early Warning System sebagai mitigasi bencana tanah longsor menggunakan modul ESP8266 berbasis Internet Of Things (IOT). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9_Bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang sangat sulit untuk diprediksi,sehingga dapat mengakibatkan timbulnya korban jiwa, dan kerugian harta benda yang cukup besar. Upaya yang dilakukan untuk meminimalisir dampak dari bencana alam tanah longsor tersebut ialah, dengan membuat sistem peringatan dini bencana tanah longsor. Penelitian ini dirancang dengan tujuan early warning system sebagai mitigasi bencana tanah longsor, yang dapat menyampaikan informasi mengenai peringatan status bencana tanah longsor. Sistem peringatan dini bencana tanah longsor yang dirancang pada penelitian ini berupa sebuah prototipe. Kemudian pada sistem ini terdapat informasi peringatan status bencana berupa waspada dan bahaya. Alat yang digunakan pada penelitian ini ialah sensor MD0127 sebagai deteksi air hujan, sensor HCSR04 sebagai deteksi pergeseran tanah, dan sensor MPU6050 sebagai deteksi pergerakan tanah, serta Buzzer, LED merah, LED biru, dan aplikasi Blynk digunakan sebagai informasi peringatan status bencana. Komponen dan aplikasi Blynk tersebut diprogram pada mikrokontroler NodeMCU ESP8266 V3 (LoLin), dengan tujuan agar data hasil pembacaan sensor dapat ditampilkan pada aplikasi Blynk, untuk dilakukan proses pemantauan secara real time melalui smartphone pengguna. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, prototipe sistem peringatan dini tanah longsor dapat mendeteksi air hujan, pergerakan tanah, dan pergeseran tanah. Serta dapat mengirimkan informasi peringatan status bencana berupa waspada melalui Buzzer, LED biru, dan notifikasi peringatan status bencana ke layar smartphone pengguna dari aplikasi Blynk, ketika nilai pergeseran tanah mencapai 13 cm dengan respon waktu 0,3 detik. Kemudian dapat mengirimkan informasi peringatan status bencana berupa bahaya melalui Buzzer, LED merah, dan notifikasi ke layar smartphone pengguna, ketika nilai pergeseran tanah mencapai 12 cm dengan respon waktu 0,6 detik. Serta data dari hasil pembacaan tiap sensor yang berhasil ditampilkan pada aplikasi Blynk, dapat disimpan ke email pengguna dalam bentuk CSV files.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanah Longsor; Early Warning System; Blynk; ESP8266; IoT;
Subjects: Science and Religion
Applied Physics > Control Divices
Applied Physics > Electronics
Applied Physics > Computer Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Adityas Sudrajat
Date Deposited: 26 Jan 2022 04:20
Last Modified: 26 Jan 2022 04:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48364

Actions (login required)

View Item View Item