Analisis konten materi IPS SD/MI pada buku Bandung Purba karya T Bachtiar dan Dewi Syafriani

Abdurrazaq, Naufal (2021) Analisis konten materi IPS SD/MI pada buku Bandung Purba karya T Bachtiar dan Dewi Syafriani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang tidak asing didengar oleh siswa pada jenjang manapun mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga Menengah Atas dan bahkan Perguruan Tinggi. IPS sebagai mata pelajaran yang membahas mengenai kehidupan sosial tentu penting untuk diajarkan kepada siswa terutama pada tingkat dasar. Media buku menjadi hal yang sangat dasar yang perlu dimiliki oleh siswa untuk belajar mengenal materi IPS. Sebagai mata pelajaran, IPS menjadi sebuah materi yang perlu dikembangkan lebih luas. Sebagai bentuk pengembangan pembelajaran IPS, peneliti menganalisis materi IPS pada buku “Bandung Purba” karya T Bachtiar dan Dewi Syafriani yang didalamnya banyak mengandung materi IPS. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui isi kandung materi IPS pada jenjang kelas V SD/MI yang terdapat pada buku “Bandung Purba” karya T Bachtiar dan Dewi Syafriani. 2) Untuk mengetahui kelayakan buku tersebut sebagai referensi tambahan dalam pembelajaran IPS kelas V di SD/MI. Unsur materi IPS yang menjadi bahan kajian peneliti berupa karakteristik geografis Indonesia, pengaruh karakteristik geografis Indonesia terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi dan transportasi. Materi tersebut diambil berdasarkan Permendikbud nomor 37 tahun 2016 tentang KI KD pada kurikulum 2013. Pada penelitian ini, metode yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data milik Miles & Huberman yang memiliki alur yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini, peneliti menemukan: Materi IPS yang terdapat pada buku “Bandung Purba” sangatlah meluas. Buku “Bandung Purba” tidak mengkaji terkait nilai ke-IPSan saja. Jauh dari hal tersebut, buku ini juga meberikan pemahaman terkait sejarah dan kebudayaan yang terdapat pada masa lampau. Hal yang berkaitan juga ditemukan didalam buku ini bahwa buku “Bandung Purba” mengandung materi yang sebagian besar diajarkan pada materi IPS jenjang kelas V SD/MI. Materi tersebut diantaranya yaitu materi geografi, ekonomi, sosiologi, dan sejarah. Pada umumnya, buku “Bandung Purba banyak sekali mengandung unsur nilai geografi. Tetapi, pada konteks lain buku ini juga membahas mengenai nilai sosial, ekonomi, dan sejarah. Materi kenampakan alam yang diajarkan di jenjang kelas V SD/MI digambarkan secara jelas pada buku ini tanpa menutupi unsur materi lainnya. Dengan hal tersebut pula, buku ini dapat digunakan sebagai referensi materi tambahan bagi guru dan bagi siswa, buku ini dapat digunakan sebagai pengetahuan umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Materi IPS; Buku Teks; SD/MI
Subjects: Books Notable for Illustrations and Materials
Elementary Education > Elementary School
Education and Research of History
World History, Civilizations > History of Race of Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naufal Abdurrazaq
Date Deposited: 26 Jan 2022 00:56
Last Modified: 26 Jan 2022 00:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48339

Actions (login required)

View Item View Item