Meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini melalui metode pembelajaran sentra bahan alam : Penelitian kelompok B di RA Nurusyifa Kabupaten Bandung

Maulida, Annisa (2021) Meningkatkan kecerdasan emosional anak usia dini melalui metode pembelajaran sentra bahan alam : Penelitian kelompok B di RA Nurusyifa Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat temuan yang perlu dikaji lebih mendalam yaitu adanya anak yang masih rendah dalam aspek kecerdasan emosional. Hal ini dapat dilihat masih ada anak yang memiliki sikap kurang peduli terhadap teman yang lain, tidak menerapkan sikap bersabar dalam mengantri, saat berdoa sering mengobrol, kurang bekerja sama, menangis dan marah ketika belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kecerdasan emosional anak sebelum menggunakan metode pembelajaran sentra bahan alam; (2) proses pembelajaran sentra bahan alam untuk mmeningkatkan kecerdasan emosional anak; (3) kecerdasan emosional anak setelah diterapkan metode pembelajaran sentra bahan alam kelompok B di RA Nurusyifa Kabupaten Bandung. Peneliti menggunakan teori Daniel Goleman (2002) untuk kecerdasan emosional anak, yaitu memiliki rasa empati, mengelola emosi, kesadaran diri dan membina hubungan. Sedangkan untuk variabel pembelajaran sentra bahan alam menggunakan teori Suyadi dan Dahlia (2014 : 50) sentra bahan alam adalah bermaksud memberikan kesempatan kepada anak bereksplorasi dengan berbagai bahan yang ada di alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan campuran yaitu: pendekatan kualitatif dan penekatan kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan hal yang berkaitan dengan kecerdasan emosional anak. Kemudian dilakukan membuat instrument penelitian, analisis data hasil observasi dan analisis hasil kemampuan emosional anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kecerdasan emosional anak sebelum diterapkan kegiatan pembelajaran sentra bahan alam diperoleh nilai rata-rata 32,8 dengan predikat mulai berkembang; (2) penerapan metode pembelajaran sentra bahan alam untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas anak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hal ini ditunjukan oleh aktivitas guru pada sklus I diperoleh nilai rata-rata 70% dengan predikat cukup, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 86,65% dengan predikat sangat baik. Demikian pula hasil analisis aktivitasanak pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 70% dengan predikat cukup, dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 90% dengan predikat sangat baik; (3) kecerdasan emosional anak setelah diterapkan kegiatan metode pembelajaran sentra bahan alam pada siklus I tindakan I diperoleh nilai rata-rata 38,8 dengan predikat mulai berkembang, pasa siklus I tindakan II diperoleh nilai rata-rata 52,8 dengan predikat berkembang sesuai harapan. Sedangkan pada siklus II tindakan I diperoleh nilai rata-rata 71,6 dengan predikat berkembang sesuai harapan, siklus II tindakan II diperoleh nilai rata-rata 79,4 dengan predikat sangat baik. Dengan demikian hipotesis diterima, artinya metode pembelajaran sentra bahan alam dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional; sentra bahan alam
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Annisa Maulida
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:45
Last Modified: 26 Jan 2022 06:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48320

Actions (login required)

View Item View Item