Upaya meningkatkan pemahaman anak mengenai gizi seimbang melalui kegiatan menonton film Nusa dan Rara pada kelompok B RA Al-baqiyatusholihat

Nisa, Khoirun (2021) Upaya meningkatkan pemahaman anak mengenai gizi seimbang melalui kegiatan menonton film Nusa dan Rara pada kelompok B RA Al-baqiyatusholihat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan masih terdapat temuan permasalahan pada pemahaman anak mengenai gizi seimbang, dilihat dari hasil prasiklus jumlah nilai seluruh anak adalah 33,33 dengan interpretasi kurang sekali dalam memahami pentingnya gizi seimbang pada tubuh. Oleh karena itu peneliti menggunakan kegiatan menonton film Nusa dan Rara dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman anak mengenai gizi seimbang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pemahaman anak mengenai gizi seimbang sebelum dilaksanakannya kegiatan menonton Nusa dan Rara pada kelompok B di RA Al-Baqiyatusholihat Kec. Ciparay Kab. Bandung 2) Pelaksanaan kegiatan menonton film Nusa dan Rara pada kelompok B di RA Al-Baqiyatusholihat Kec. Ciparay Kab. Bandung pada setiap siklus. 3) Pemahaman anak mengenai gizi seimbang pada kelompok B di RA Al-Baqiyatusholihat Kec. Ciparay Kab. Bandung pada seluruh siklusnya. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa kegiatan menonton film Nusa dan Rara dapat meningkatkan pemahaman anak mengenai gizi seimbang. Metode pembelajaran demontrasi dengan media menonton film ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional yaitu:1) proses pembelajaran terarah pada apa yang mereka pelajari; 2) memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam sehingga anak tidak mudah lupa; 3) anak dapat lebih memperhatikan pada apa yang guru jelaskan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dengan pendekatan campuran yaitu : pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan unjuk kerja yang berkaitan dengan peningkatan pemahaman anakkemudian dilakukannya analisis data, analisis pengamatan observasi dan hasil peningkatan pemahaman anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Penerapan kegiatan menonton Nusa dan Rara untuk meningkatkan pemahaman anak mengenai gizi seimbang dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini ditunjukan pada kegiatan guru siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70,83% dengan kriteria baik, dan pada siklus II aktivitas guru ini memperoleh hasil sebesar 86,16% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula hasil analisis aktivitas anak pada siklus I memperoleh hasil sebesar 62,49% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II memperoleh hasil 87,49% dengan kriteria sangat baik; dan 2) peningkatan pemahaman anak setelah diterapkannya kegiatan menontonfilm Nusa dan Rara pada siklus I memperoleh hasil sebesar 60,41 dengan kriteria cukup, dan pada siklus II memperoleh hasil sebesar 87,49 dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima oleh anak, artinya kegiatan menonton film Nusa dan Rara dapa tmeningkatkan pemahaman anak mengenai gizi seimbang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemahamahaman anak; gizi seimbang; menonton film Nusa dan Rara;
Subjects: Human Physiology > Nutrition
Public Performances > Motion Pictures, Movies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Khoirun Nisa
Date Deposited: 26 Jan 2022 01:15
Last Modified: 26 Jan 2022 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48299

Actions (login required)

View Item View Item