Pengaruh pengetahuan, edukasi, keuntungan, risiko investasi pasar modal syariah terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa pada pasar modal syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Qois, Naufal (2020) Pengaruh pengetahuan, edukasi, keuntungan, risiko investasi pasar modal syariah terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa pada pasar modal syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini dilihat dari aktivitas investasi yang aktif di pasar modal indonesia/bursa efek indonesia (BEI)/ indonesia stock exchange (IDX) jumlah investor mencapai 1,24% dari penduduk indonesia saat ini. Berdasrkan data PT Kustodian Setral Efek Indonesia (KSEI) per 16 Oktober 2020 total investor keseluruhan saat ini 3.348.396 investor. Dan investor pasar modal syariah indonesia 2,39% dari jumlah investor keseluruhan yaitu 80.192 investor. Data ini menyatakan bahwa ada pelambatan dalam pertumbuhan investor syariah pada pasar modal. Dan pelambatan tersebut banyak yang mengatakan dikarenakan literasi yang kurang merata. Penelitian ini bartujuan untuk mengetahui secara sistematis dan berdasarkan bukti ilmiah bagaimana pengaruh pengetahuan, edukasi, keuntungan, risiko investasi pasar modal syariah terhadap minat dalam berinvestasi pada pasar modal syariah, apakah meningkatkan minat atau tidak . Kemudian juga untuk mengtahui faktor apa yang mempengaruhi literasi pasar modal syariah tersebut. Pada penelitian jika dilihat dari kerangka penelitian bahwa secara parsial semua variabel berpengaruh positif dan yang berpengaruh signifikanya yaitu variabel edukasi pasar modal syariah (X2). Pengetahuan pasar modal syariah (X1), keuntungan investasi (X3) dan resiko investasi (X4) hanya berpengaruh positif saja terhadap variabel keputusan berinvestasi mahasiswa pada pasar modal syariah (Y), semua variabel berpengaruh namun yang signifikanya hanya variabel edukasi pasar modal syariah(X2). Metode yang digunakan dalam peneIitian ini adalah anaIisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoIeh Iangsung dari hasiI survey Iapangan meIaIui kuisioner yang diisi oIeh 220 sampeI mahasiswa FEBl UlN Sunan Gunung Djati Bandung. AnaIisis data yang digunakan yaitu anaIisis regresi Iogistik biner dengan meIaIui pengujian keIayakan modeI, uji keseIuruhan modeI, uji ketepatan kIasifikasi, dan uji hipotesis secara simuItan dan parsiaI. Adapun untuk pengoIahan datanya yaitu dengan menggunakan apIikasi software SPSS Statistic Version 26 dan Microsoft Excel 2019 sebagai penunjang pengoIahan data awal. Berdasarkan kesimpulan pada peneIitian ini bahwa sebanyak 95% mahasiswa FEBI UIN Sunan Gunung Djati Bandung mereka menyatakan “berminat” dengan investasi pada pasar modal syariah. Kemudian 5% lainya menyatakan tidak berminat dengan investasi pada pasar modal syariah. Sedangkan faktor yang mepengaruhi minat berinvestasi mahasiswa tersebut secara signifikan dipengaruhi oIeh faktor tingkat Edukasi. Adapun yang mempengaruhi namun tidak signifikan yaitu pengetahuan, keuntungan, risiko.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi; Investasi; IDX
Subjects: Econmics > Economists
Econmics > Economic Situation and Conditions in Southeast Asia
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Naufal Qois
Date Deposited: 25 Jan 2022 01:06
Last Modified: 25 Jan 2022 01:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48265

Actions (login required)

View Item View Item