Pengaruh kegiatan dot to dot terhadap perkembangan kognitif anak usia dini : Penelitian pre-eksperimental pada kelompok B RA LA ROIBA Bandung Barat

Istiqomah, Rahmaniyah Nur (2021) Pengaruh kegiatan dot to dot terhadap perkembangan kognitif anak usia dini : Penelitian pre-eksperimental pada kelompok B RA LA ROIBA Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isiiiiiii.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Fokus permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil dari obsevasi perkembangan kognitif anak usia dini di RA LA ROIBA Kabupaten Bandung Barat. Banyak anak yang belum mengenal bilangan 1-20 disebabkan penyajian yang diberikan guru kurang menarik bagi anak dan alat peraga yang terbatas, sehingga dalam kegiatan di dalam kelas anak didik kurang begitu semangat dan cepat bosan, tugas yang diberikan terlambat dan kurang maksimal, oleh karena itu pembelajaran mengenal bilangan anak-anak merasa terbebani maka perlu cara pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perkembangan kognitif anak usia dini saat menggunakan metode tanya jawab di RA LA ROIBA kelompok B; (2) Perkembangan kognitif anak usia dini saat menggunakan kegiatan dot to dot di RA LA ROIBA kelompok B; dan (3) Pengaruh kegiatan dot to dot terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di RA LA ROIBA kelompok B. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa perkembangan kognitif anak usia dini dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih metode pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih pembelajaran kegiatan dot to dot untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Kegiatan dot to dot merupakan kegiatan belajar anak usia dini berupa kegiatan menggambar kegiatannya yaitu menggambar dengan cara menghubungkan titik ke titik, kegiatan dot to dot yaitu bentuk teka teki yang berisi urutan titik-titik bernomor. Saat ditarik garis yang menghubungkan titik-titik, garis luar suatu objek akan terungkap, kegiatan teka-teki seringkali berisi seni garis sederhana untuk menyempurnakan gambar yang dibuat. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh kegiatan dot to dot terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian Pre-eksperimental dengan jenis desain one-group pre-test post-test. Subjek penelitiannya adalah kelompok B RA LA ROIBA Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 15 anak pada tahun ajaran 2020/2021. Adapun teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian perkembangan kognitif anak usia dini yang menggunakan metode tanya jawab diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 57,4 dengan kategori kurang. Sedangkan siswa pada saat menggunakan kegiatan dot to dot diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 63,87 dengan kategori cukup. Sementara itu diperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 80,27 dengan kategori sangat baik. Pengaruh kegiatan dot to dot terhadap perkembangan kognitif anak usia dini pada saat pre-test dan post-test memiliki pengaruh yang signifikan, hal ini dibuktikan dari hasil pre-test dan post-test uji hipotesis yang menunjukan nilai thitung = 15,92 lebih besar dari ttabel = 2,14 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan dot to dot; Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini
Subjects: Human Physiology > Child Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rahmaniyah Nur Istiqomah
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:43
Last Modified: 24 Jan 2022 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48235

Actions (login required)

View Item View Item