Metode membaca dan menghafal al-quran untuk anak usia dini : Studi kasus penelitian di Sekolah Tahfizh Anak Usia Dini (TAUD) Arinal Haq Antapani

Kurniati, Nia (2021) Metode membaca dan menghafal al-quran untuk anak usia dini : Studi kasus penelitian di Sekolah Tahfizh Anak Usia Dini (TAUD) Arinal Haq Antapani. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Alquran sebagai sumber ajaran utama bagi agama Islam. Memuliakan Alquran merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim, memuliakan Alquran bisa dengan cara mempelajarinya. Dalam mempelajari Alquran hal pertama yang perlu dipahamkan adalah bisa membacanya kemudian setelah itu mengamalkan serta menghafalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode yang digunakan di TAUD Arinal Haq dalam hal belajar membaca serta menghafal Alquran. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif sebagai analisa yang paling mendasar untuk menggambarkan keadaan data secara umum. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis kualitatif yang dengan cara mengkaji interaksi manusia dengan Alquran melalui penerapan metode yang digunakan untuk belajar membaca dan menghafal Alquran. Penulis melakukan penelitian secara langsung ke lokasi (Field Research) yang menjadi objek penelitian, juga menyaksikan langsung kondisi sekolah tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya TAUD Arinal Haq sudah diresmikan dan aktif memulai pembelajaran sejak awal tahun 2019 dengan 25 murid ditahun pertama dengan rentang usia tiga sampai enam tahun. pembelajarannya berfokus pada pembelajaran keagamaan khususnya Alquran baik dari system pembelajaran membaca maupun menghafal Alquran. Untuk pembelajaran membaca Alquran TAUD Arinal Haq menggunakan metode tahajji dengan dibantu media pembelajaran berupa kitab At-Tibyan. Adapun dari segi menghafal Alquran menggunakan metode talaqqi dengan dibantu murottal audio sebagi media yang utama dari pembelajarannya. Dari penerapan kedua metode tersebut, hasil hitungan persentase berada dalam tarap cukup berhasil atau cukup efektif, walaupun belum pada tahap 100% berhasil. Hal ini dikarenakan adanya faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran. Selain belajar membaca dan menghafal Alquran, peserta didik juga diajarkan materi tarbiyah guna pembekalan tsaqafah islamiah seperti hadis, aqidah, asmaul husna, siroh nabawiyah, dan adab dalam aktivitas sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; anak usia dini; pembelajaran al-quran;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nia Kurniati
Date Deposited: 21 Jan 2022 07:56
Last Modified: 21 Jan 2022 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48194

Actions (login required)

View Item View Item