Kritik hadis kitab Sirr al-Asrar : Studi atas hadis dalam bab Maqam Ru’yah Allah kitab Sirr Al-Asrar karya Syeikh Abdul Qadir Al-Jaylani

Nurlianti, Reti (2021) Kritik hadis kitab Sirr al-Asrar : Studi atas hadis dalam bab Maqam Ru’yah Allah kitab Sirr Al-Asrar karya Syeikh Abdul Qadir Al-Jaylani. Sarjana thesis, UIN Sunnan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Menjadi hal yang maklum dikalangan para ulama ketika mengarang sebuah kitab dengan mencantumkan penggalan hadis-hadis yang tidak lengkap sanad dan matannya. Hal ini menyebabkan adanya kekeraguan terhadap kualitas hadis-hadis tersebut. Salah satunya adalah kitab yang berjudul Sirr Al-Asrar karya Syeikh Abdul Qadir Al-Jaylani. Di dalam kitab ini termuat penggalan hadis-hadis yang tidak lengkap sanad dan matannya. Kenyataan ini mendorong kepenasaran akademis penulis untuk meneliti lebih jauh kualitas hadis-hadis di dalam kitab tersebut, terutama pada bab 9 tentang Maqa>m Ru’yah Allah yang menjadi fokus bahasan. Penelitian ini terfokus pada kajian kritik sanad dan matan hadis yang terdapat dalam kitab Sirr Al-Asrar dengan membatasi penelitian pada bab 9 tentang Maqam Ru’yah Allah. Untuk menjawab fokus masalah tersebut, maka dirumuskan masalah “Bagaimana kualitas hadis kitab Sir Al-Asrar bab 9 tentang Maqam Ru’yah Allah ”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kualitas hadis yang ditulis Syeikh Abdul Qadir dalam kitab Sirr Al-Asrar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan cara mengumpulkan data terkait dengan pembahasan dalam bentuk dokumentasi atau studi pustaka, kemudian data dianalisis dengan pendekatan Takhrij al-Hadith. Dengan metode ini penulis berupaya menjaring data-data yang relevan melalui studi penelitian hadis. Kemudian data-data tersebut dikumpulkan serta ditela’ah lebih mendalam sehingga mendapatkan suatu natijah (kesimpulan). Dalam hal ini penulis menggunakan metode penelitian yang dirumuskan oleh Prof. Syuhudi Ismail. Adapun sumber data yang digunakan penulis dalam penelitian ini berupa sumber primer merujuk pada kitab Sirr Al-Asrar karya Syeikh Abdul Qadir Al-Jaylani dan sumber sekunder berupa kitab hadis Al-Mu’jam Al-Mufahras li Alfadz H{adi>th sebagai penunjang penelusuran hadis yang terdapat di dalam Masadir Kutub Al-Hadith (Kutub Tis’ah), atau menggunakan software Maktabah Syamilah untuk mendeteksi hadis yang tidak terdapat di dalam Kutub Tis’ah, kemudian untuk penelusuran rawi hadis peneliti menggunakan kitab rijal al-Hadith yaitu Tahdzib al-Tahdzib, dll. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 8 hadis di dalam kitab Sirr Al-Asrar bab 9 terdapat 1 hadis yang dinilai shahih secara sanad dan matan. Hal ini menjadi sebuah kewajaran, pasalnya para ahli sufi beranggapan bahwa suatu perkataan dapat dinisbahkan sebagai hadis nabi asalkan perkataan tersebut sejalan dengan Alquran dan disampaikan oleh orang yang memiliki tingkat keshahihan yang tinggi. Sehingga kriteria keshahihan hadis yang disusun oleh para ulama hadis tidak mereka gunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kritik Hadis; Matan; Sanad
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kritik terhadap Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Reti Nurlianti
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:15
Last Modified: 26 Jan 2022 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48164

Actions (login required)

View Item View Item