Dampak renovasi alun-alun Ujungberung terhadap perubahan masyarakat sekitar : Studi deskriptif pada masyarakat Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung Bandung

Hilmi, Muhammad Irfan (2021) Dampak renovasi alun-alun Ujungberung terhadap perubahan masyarakat sekitar : Studi deskriptif pada masyarakat Kelurahan Cigending Kecamatan Ujungberung Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 COVER.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4 BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Alun-alun sebagai ruang terbuka public sudah ada sejak dulu, bentuknya dapat berubah-ubah mengikuti perkembangan jaman. Demikian juga fungsi dan pemanfaatannya akan mengalami perubahan sesuai kebutuhan warga disekitarnya.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak renovasi alun-alun terhadap perubahan masyarakat yang dilihat dari segi sosial maupun kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Gambaran alun-alun Ujung berung sebelum dan sesudah renovasi; 2) Keadaan sosial ekonomi masyarakat kelurahan Ujung berung sebelum adanya renovasi alun-alun Ujung berung; dan 3) Dampak renovasi alun-alun Ujung berung terhadap perubahan masyarakat sekitar pada aspek sosial dan ekonomi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sosial sztompka piort membahas tentang suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan, materi,komposisi penduduk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu proses menentukan pengetahuan yang menggunakan data berupa kata-kata atau tulisan juga penggambaran dari perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menemukan bahwa 1) Gambaran alun-alun Ujung berung setelah dilakukan renovasi sudah disediakan lahan untuk parkir kendaraan sehingga tidak mengganggu pengguna jalan yang lain, Dilakukan pemindahan lokasi kios ke bawah amphitheater yang tertata dengan rapi. Tersedia arena bermain terlihat lebih rapi dan tertata dengan baik. Sudah tersedia jogging track, Spot untuk olahraga bulutangkis dialihfungsikan menjadi track untuk lari, Area berkumpul dekat pohon beringin sudah nyaman dan tidak ada pedagang di setiap sisi pohon beringin. Fasilitas tempat duduk pun sudah layak untuk dipakai, dan Area berkumpul sudah ditata dengan baik khusus untuk pengunjung yang ingin duduk-duduk, bersantai, bahkan bermain. Material penutup menggunakan keramik warna warni jika sebelum renovasi belum tersedia 2) Kesejahteran sosial masyarakat kelurahan Ujung Berung sebelum warga Ujung Berung masih merasakan belum teraturnya lokasi dan juga nyamannya alun-alun akan tetapi setalah renovasi kesejarahteraan yang semakin terpenuhi yaitu kebutuhan piskis seperti rasa bahagia bisa liburan atau bermain di alun-alun dengan nyaman, anak-anak bisa bermain di ruang terbuka dengan tenang, pedagang tambah ramai pengunjung dan lahan parkir bisa menghasilkan uang.3) Dampak renovasi alun-alun Ujung Berung terhadap perubahan masyarakat sekitar pada aspek kesejahteraan sosial yaitu berdampak pada kesehatan, ekonomi dan social.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dampak; Perubahan
Subjects: Social Process
Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Irfan Hilmi
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:01
Last Modified: 20 Jan 2022 01:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48162

Actions (login required)

View Item View Item