Profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan melalui pembelajaran daring kelas VII

Alawiyah, Nisa Siti Nur (2021) Profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan melalui pembelajaran daring kelas VII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang diperlukan di abad 21 sehingga perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil observasi di salah satu SMP Bandung, diperoleh bahwa penilaian hasil belajar sudah mencakup penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, akan tetapi yang berhubungan dengan penilaian kemampuan pemecahan masalah belum pernah dilakukan, sehingga pada penelitian ini dilakukan tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran materi pencemaran lingkungan melalui pembelajaran daring, 2) Menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan, dan 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian adalah Crossectional design. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui survey. Data yang didapat berupa hasil wawancara guru, tes kemampuan pemecahan masalah 17 soal uraian dan angket respon siswa 15 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran daring siswa terlaksana dengan sangat baik. Rata-rata aktivitas guru diperoleh persentase 84% dengan kriteria sangat baik, begitupula dengan aktivitas siswa diperoleh kriteria baik dengan rata-rata persentase 70%. 2) Profil kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pencemaran lingkungan melalui pembelajaran daring secara keseluruhan memiliki kriteria baik dengan nilai rata-rata 74,9%. 3) Respon siswa terhadap pembelajaran daring pada materi pencemaran lingkungan pada kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 73,5%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada materi pencemaran lingkungan melalui pembelajaran daring VII berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterlaksanaan Pembelajaran; Kemampuan Pemecahan Masalah; Respon Siswa; Pembelajaran Daring; Pencemaran Lingkungan
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nisa Siti Nur Alawiyah
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:56
Last Modified: 24 Jan 2022 07:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/48150

Actions (login required)

View Item View Item